Kamis, 02 November 2017 14:38 WITA

PLN Akhirnya Setrum Desa Bonto Manurung di Maros

Editor: Sulaiman Abdul Karim
PLN Akhirnya Setrum Desa Bonto Manurung di Maros
GM PLN Sulselrabar, Bob Syahril menjelaskan program listrik desa ke Wakil Bupati Maros, Ketua DPRD Maros, dan Dandim Maros saat peresmian listrik Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu Kamis (2/11/2017).

RAKYATKU.COM, MAROS - Setelah puluhan tahun, warga Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros akhirnya bisa menikmati penerangan listrik sejak Kamis (2/11/2017).

Peresmian listrik desa digelar di Desa Bonto Manurung kecamatan Tompobulu kabupaten Maros oleh Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang Kamis (2/11/2017). 

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol dan menyalakan lampu desa di Masjid Nurul Tika Desa Bonto Manurung oleh Harmil. Didampingi General Manager PLN Sulselrabar Bob Syahril, Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam, Dandim 1422 Maros Letkol Kav Mardi Ambar, Manager area PLN Makassar Utara Hariadi. 

"Kami berharap dengan adanya penerangan ke rumah-rumah warga ini dapat meningkatkatkan produktivitas masyarakat Bonto Manurung. Listrik tentu dapat menunjang banyak kegiatan dan aktivitas warga tidak hanya dimalam hari tapi juga disiang hari,” beber Harmil.

Selain Bonto Manurung, terdapat lima desa lain yang juga dialiri listrik. Yakni Desa Labuaja, Timpuseng dan Capaniga Kecamatan Camba, Desa Mandalle Kabupaten Pangkep dan Desa Bulo-bulo Kabupaten Barru. 

GM PLN Sulselrabar Bob Syahril mengatakan, program listrik desa ini merupakan program Presiden Jokowi. Yakni penyediaan listrik sebesar 35 ribu megawatt yang mencakup daerah pesisir, pedalaman hingga perbatasan. 

"Saat ini tantangan kita adalah penyaluran dan pasokan serta jalur transmisi dan distribusi," ujarnya. 

Sedangkan khusus untuk Sulsel lanjutnya, rasio kelistrikan lebih besar dari Indonesia keseluruhan yakni mencapai 96 persen. Hanya daerah-daerah yang akses jalannya yang tidak memadai yang belum tersentuh listrik.