Rabu, 01 November 2017 14:36 WITA

Ayam Ketawa di Sulsel Harus Memiliki Sertifikat

Penulis: Azwar Basir
Editor: Almaliki
Ayam Ketawa di Sulsel Harus Memiliki Sertifikat

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mulai hari ini resmi memberikan sertifikat kepada ayam ketawa di Puca, Kabupaten Maros, Rabu (1/11/2017).

Peluncuran sertifikasi hewan kesayangan ayam ketawa ini, dirangkaikan dengan sinkronisasi berahi sapi, serta bulan bakti peternakan.

"Sertifikasi hewan kesayangan ayam ketawa bertujuan untuk melestarikan plasma nutfah agar tetap terjaga, dan tidak diklaim pihak manapun," ujar SYL. 

Selain itu, khusus untuk sinkronisasi berahi sapi, dilakukan pada 26 ribu akseptor inseminasi yang merupakan sapi siap bunting, dan ditargetkan tuntas hingga 31 Desember. Khusus hari ini, dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulsel. 

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Abdul Azis, mengatakan tahun ini Pemprov Sulsel menargetkan sebanyak 340.467 ekor sapi menerima inseminasi buatan. Dari angka tersebut, diharapkan keberhasilannya bisa mencapai 224.708 ekor sapi bunting. 

Kegiatan yang dilakukan merupakan bagian dari program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab), yaitu kegiatan yang terintegrasi untuk percepatan peningkatan populasi sapi, dan kerbau secara berkelanjutan. 

loading...

Dikatakan pula kalau salah satu aspek penting yang menjadi perhatian dari pelaksanaan IB ini adalah, upaya meningkatkan persentase keberhasilan ternak menjadi bunting.

Secara khusus disampaikan, melalui UPT Dinas PKH di Puca, Maros, diproduksi semen beku berkualitas, termasuk untuk jenis sapi unggulan, seperti sapi bali dan sapi belang (tedong bonga). 

Untuk memaksimalkan program, masih ada kendala yang dihadapi saat ini. Rendahnya realisasi inseminasi buatan, karena pemeliharaan ternak masih sistem lepas. 

"Jadi kamu harus terus melakukan sosialisasi. Dinas PKH juga menggandeng kwarda Pramuka sebagai pemuda tani ternak untuk menyukseskan program ini, " tutupnya.

Loading...
Loading...