Selasa, 31 Oktober 2017 18:46 WITA

Apel Siaga Kebakaran Hutan Digelar di Maros

Penulis: Muh. Basri
Editor: Adil Patawai Anar
Apel Siaga Kebakaran Hutan Digelar di Maros

RAKYATKU.COM, MAROS - Pemprov Sulsel bersama Pemkab Maros dan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPI Karhutla) Wilayah Sulawesi melakukan Apel Siaga Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan. 

Apel siaga yang digelar di Lapangan Pallantikang Kompleks Perkantoran Pemkab Maros ini melibatkan 300 orang dari Manggala Agni, TNI, Damkar Maros, Polisi Kehutanan (Polhut) se Sulsel, SPORC (Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat) dan Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) Maros.

Apel siaga ini diawali dengan upacara kemudian dilanjutkan dengan simulasi kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan berbagai pihak. Simulasi dimulai dengan kondisi petugas Polhut menemukan sebuah titik api di sebuah lahan. 

Lahan terbakar itu masih dalam skala kecil, maka petugas pun langsung memadamkan api menggunakan alat sederhana sebelum titik api membesar. Namun karena tiupan angin dan hawa panas musim kemarau, api mulai membesar, sehingga diturunkan tim lainnya. Api kemudian berhasil dipadamkan.

Kepala Balai PPI Karhutla Sulawesi Dadang Suhendar mengemukakan, apel siaga ini dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan. Juga meningkatkan kerjasama antar pihak terkait dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan.

loading...

"Simulasi memberikan gambaran bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak bersikap membuang putung rokok atau membakar sampah di tempat yang berpotensi terjadi kebakaran," ungkapnya.

Sementara Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir  Syam yang hadir dalam apel siaga ini dan menyaksikan langsung simulasi penanganan simulasi kebakaran hutan dan lahan itu mengemukakan, apel ini penting untuk mengingatkan semua pihak untuk selalu siap siaga dalam hal penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. 

"Semoga dengan adanya apal kesiapsiagaan ini, maka jika terjadi kebakaran hutan dan lahan dapat segera ditanggulangi," jelasnya. 

Selain dihadiri Ketua DPRD Maros, hadir pula dalam apel siaga dan simulasi ini Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang, Kajari Maros Eko Suwarni dan pejabat Pemprov Sulsel dan Pemkab Maros lainnya.

Loading...
Loading...