Senin, 30 Oktober 2017 18:52 WITA

SYL Marah Kalau Gerbong Kereta Api di Sulsel Asal-asalan

Penulis: Azwar Basir
Editor: Fathul Khair Akmal
SYL Marah Kalau Gerbong Kereta Api di Sulsel Asal-asalan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) tak mau bila gerbong Kereta Api (KA) di Sulsel asal-asalan. Gerbong kereta api trans Sulawesi sendiri, telah tiba di Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Minggu (29/10/2017) dini hari. Kereta api  trans Sulawesi, dipastikan akan diuji coba awal November.

Gerbong kerta api yang diambil dari Lhokseumawe, Banda Aceh tersebut, dinyatakan sesuai dengan kereta api yang akan dibangun di Sulsel.

Meskipun sudah tiba di Barru, SYL tidak akan langsung memasang gerbong tersebut di atas rel yang menghubungkan Makassar-Parepare.

Gubernur Sulsel dua periode tersebut mengatakan, dirinya akan terlebih dahulu mengecek gerbong kereta api yang sudah tiba. Bila tidak sesuai dengan yang diinginkannya, maka ia kan komplain ke pemerintah pusat.

"Saya minta didandani dulu, dikasih cantik. Tempat duduknya diperbaiki, kalau perlu bisa tidur. Masa yang di Jawa gerbongnya bagus, sedangkan untuk Sulsel tidak," tegasnya.

Untuk itu, ia akan melihat dan mengecek seberapa bagus gerbong kereta api yang sudah tiba itu.

"Saya akan melihat dulu gerbong yang datang. Tentu kalau tidak sesuai saya akan komplain. Karena seharusnya Sulsel mendapatkan gerbong sesuai," tegasnya.

loading...

SYL Marah Kalau Gerbong Kereta Api di Sulsel Asal-asalanDiketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengucurkan anggaran  sebesar Rp4 triliun yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018, untuk pembangunan kereta api trans Sulawesi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, tahun depan, anggaran Rp4 triliun tersebut akan menyelesaikan kereta api trans Sulawesi sepanjang 40 kilometer. Karena tidak memungkinkan jika negera harus menganggarkan kereta api sampai selesai.

"Setelah selesai 40 kilometer, maka selanjutnya kita akan undang investor masuk untuk menyelesaikan kereta api trans Sulawesi tersebut, sampai 100 kilometer dan 140 kilometer," ujar Budi Karya.

Ia melanjutkan, akan selalu melakukan check and recheck terhadap seluruh infrastruktur yang sementara dalam masa pembangunan, termasuk kereta api trans Sulawesi yang dikunjunginya hari ini.

"Kita tahun ini menganggarkan lebih Rp2 triliun, dan wajib bagi kita mengontrol proyek tersebut agar berjalan lancar," jelasnya.

Loading...
Loading...