Sabtu, 28 Oktober 2017 11:11 WITA

Bendungan Paselloreng dan Baliase Ditarget Rampung Tahun Depan

Penulis: Azwar Basir
Editor: Fathul Khair Akmal
Bendungan Paselloreng dan Baliase Ditarget Rampung Tahun Depan
Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan terus menggenjot proses pembangunan sejumlah bendungan yang tengah berjalan di bawah kepemimpnan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang.

Tercatat ada tiga bendungan yang sementara dalam proses pembangunan. Yaitu Bendungan Paselloreng, Bendungan Karaloe dan Bendungan Pamukkulu.

Namun, yang paling baik progres pembangunannya, yaitu bendungan Paselloreng yang ada di Wajo. Bendungan Paselloreng yang dianggarkan Rp730 miliar untuk fisik dan kontruksi, progres fisiknya sudah mencapai 64 persen. Bahkan ditarget akhir tahun 2018, sudah bisa rampung.

"Sementara bendung Baliase di Luwu Utara, progres pengerjaan kontruksinya sudah mencapai 60 persen. Dimana penganggaran sebesar Rp232 miliar bersumber dari APBN," ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang  Sulsel, Andi Darmawan Bintang.

Untuk bendungan Karalloe yang dianggarkan sebesar Rp570 miliar, progres fisiknya baru mencapai 26 persen. Salah satu faktor penghambatnya adalah pembebasan lahan yang sempat tertunda.

Sementara untuk bendungan Pamukkulu, BBWSPJ baru akan menandatangani kontrak dengan pihak kontraktor. Anggaran pembangunan bendungan ini sudah dianggarkan oleh pemerintah sebesar Rp1,7 triliun.

loading...

"Kalau yang tiga ini saya kira sudah tak ada lagi masalah dengan lahan. Tinggal Pamukkulu yang masih dalam proses, tapi segera akan tanda tangan kontrak akhir bulan ini atau awal bulan depan," tambahnya.

"Dari empat proyek di Sulsel, mudah-mudahan bendungan Paselloreng dan bendungan Baliase bisa selesai di tahun 2018," harapnya.

Sebelumnya, Kepala BBWSPJ Agus Setiawan menjelaskan daya tampung bendungan Paselloreng sebesar 138 juta m3 dan direncanakan dapat mengairi irigasi seluas 7.000 ha, air baku 305 liter/detik dan mengurangi banjir di Kabupaten Wajo.

Untuk bendungan Baliase akan memiliki dua jaringan irigasi. Jaringan Irigasi bagian kiri akan mengairi 7.880 Ha, sedangkan Bagian kanan akan mengairi 10.388 Ha, dan area pengembangan seluas 3.560 Ha. Total area yang akan diairi oleh jaringan irigasi ini nantinya adalah seluas 21.920 Ha area persawahan.

Loading...
Loading...