Kamis, 26 Oktober 2017 21:50 WITA

Ribuan Koperasi Bermasalah di Sulsel Bakal Dibekukan

Penulis: Azwar Basir
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Ribuan Koperasi Bermasalah di Sulsel Bakal Dibekukan
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd Malik Faisal.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Koperasi dan UKM Sulsel memberikan peringatan kepada ribuan koperasi di Sulsel yang tidak pernah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Abd Malik Faisal mengatakan, saat ini tercatat ada kurang lebih 8000 ribu koperasi yang ada di Sulsel. Namun yang aktif melakukan RAT tidak sampai 1000 ribu koperasi.

"Yang masuk sampai desember 2016 kemarin tidak sampai 1.000 yang melakukan RAT, ini artinya ada sesuatu yang tidak jalan apakah SDM-nya atau memang ada masalah dengan pengurusnya," ujar Abdul Malik, Kamis (26 /10 /2017).

Ia menambahkan, sehat dan tidaknya sebuah koperasi, dapat dilihat dari pelaksanaan RAT nya setiap tahun. 

loading...

"Dari 8.000 koperasi di Sulsel tersebut, ada 1.300 sekarang yang masuk dalam pengusulan pembubaran atau dihapuskan, kenapa mereka diusulkan dibubarkan? Karena kualitas dari koperasi itu yang tidak sehat atau tidak aktif, tidak pernah melakukan RAT, " jelasnya.

Ia melanjutkan, jika sampai akhir Oktober ini, koperasi yang diusulkan dibekukan tersebut tidak ada yang merespon. Otomatis akan dibekukan.

"Koperasi yang tidak sehat adalah itu yang tidak punya laporan RAT selama 2 tahun terakhir. Sementara terkait dengan izin koperasi bukan lagi di daerah itu langsung di kementerian, itu supaya tidak mudah izin keluar," tegasnya.
 

Loading...
Loading...