Selasa, 24 Oktober 2017 10:47 WITA

145 Calon PPK Lolos Seleksi Tulis di KPU Makassar

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Almaliki
145 Calon PPK Lolos Seleksi Tulis di KPU Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebanyak 145 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dinyatakan lolos dalam seleksi tulis di KPU Makassar. Menurut Komisioner Divisi SDM dan Parmas, Andi Shaifuddin, tahapan seleksi berikutnya ialah tanggapan masyarakat dan wawancara.

Tanggapan masyarakat dimulai hari ini (24/10/2017), hingga akhirnya dilakukan seleksi wawancara pada 25-27 di Kantor KPU Makassar.

"Tahapan ini penting karena mendengar aspirasi dan masukan masyarakat terhadap calon PPK yang lolos tes tertulis. KPU sendiri tentu telah memiliki memori jejak rekam calon lewat CV yang dikumpulkan sebagai syarat, dan juga jejak rekam calon jika ia mantan penyelenggara di pemilu sebelumnya. Tetapi bagi kami, itu tidak cukup. KPU ingin informasi tentang setiap calon, lengkap dan detail masuk ke KPU berupa tanggapan," katanya lewat keterangan tertulis.

Tanggapan tersebut, lanjut Shaifuddin, dapat berupa dukungan apresiasi dan kritikan, agar dapat dijadikan rujukan para komisioner nantinya saat dilakukan tes wawancara.

loading...

"Tanggapan masyarakat ini tentu bagian yang tidak terpisahkan dari keterlibatan masyarakat secara aktif mengawal Pilgub dan Pilwali, dan bagian besar dari mengawal demokrasi," paparnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, proses tanggapan masyarakat sebelum menentukan PPK kali ini, ialah kesempatan bagi masyarakat yang selama ini menilai bahwa penyelenggaran kerap dituding tidak berpihak dalam kontestasi politik.

Dengan begitu, partisipasi masyarakat dianggap begitu penting dalam hal ini. "Momen ini menjadi penting untuk membantu KPU menemukan penyelenggara yang terpercaya dan dipercaya publik," tutupnya.

Loading...
Loading...