Senin, 23 Oktober 2017 19:10 WITA

Pemkab Pangkep Bersiap Rebut Predikat Kabupaten Sehat 

Editor: Fathul Khair Akmal
Pemkab Pangkep Bersiap Rebut Predikat Kabupaten Sehat 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, Indriani Latief

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, Indriani Latief mengaku optimis, Pangkep meraih peringkat terbaik dalam penilaian Kabupaten Kota sehat (KKS) 2017.

Hal tersebut disampaikan Indriani, mengingat Pangkep yang saat ini dalam proses penilaian KKS 2017. Kabupaten Pangkep, kata Indriani, menargetkan hasil terbaik dalam event dua tahunan tersebut.

"Wastisaba adalah sebuah poses agar masyarakat juga turut serta menjaga dan bagaimana sehari hari juga bergaya hidup sehat," ujar Indriani, Senin (23/10/2017).

Kabupaten Pangkep kata Indriani jauh hari telah menelorkan banyak program untuk menuju proses pelibatan masyarakat tersebut. Tidak sedikit desa percontohan yang telah muncul di Pangkep sebagai bagian upaya menuju Kabupaten sehat.

"Contohnya di Desa Pitusunggu, warga desa membentuk kelompok kecil untuk mengembangkan ekonomi produktif. Kemudian bagaimana kita tidak merokok di sembarang tempat sehingga merugikan orang lain. Sebagaimana kebiasaan masyarakat Bontoperak, Kecamatan Pangkajene," ungkap Indriani.

Dikatakan Indriani, berbeda dengan Adipura, Wastisaba atau kategori penilaian KKS, justru cenderung melihat perilaku dan kebiasaan yang ada di tengah tengah masyarakat. Hanya saja kata Indriani, dari sembilan kategori KKS 2017, Pangkep hanya mengikuti tujuh kategori.

Tujuh tatanan yang diikuti Pangkep di tahun 2017 ini kata Indriani antara lain, sehat secara mandiri, pemukiman sehat, lingkungan sehat, hutan sehat, perhubungan sehat, pariwisata sehat dan ketahanan pangan dan gizi.