Selasa, 17 Oktober 2017 21:26 WITA

Ribuan Botol Jamu Berbahan Kimia Disita BPOM Palu

Editor: Fathul Khair Akmal
Ribuan Botol Jamu Berbahan Kimia Disita BPOM Palu

RAKYATKU.COM, PALU - Petugas Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palu Sulawesi Tengah, menyita ribuan botol jamu berbagai merek tanpa izin edar yang diduga mengandung bahan kimia berbahaya.

Kepala Pengawasan dan Penyidikan BPOM Palu, Ruth Mery Nancy mengatakan, ribuan botol jamu ilegal yang ditangkap kini diamankan di kantor BPOM Palu.

“Ribuan botol jamu itu diduga mengandung bahan kimia berbahaya jenis Fenilbutason dan Dexametason. Dimana jika dikonsumsi sangat berbahaya bagi organ tubuh, makanya kami langsung menyita barang tersebut pada edaran,” tegas Ruth

Ribuan botol jamu ilegal tanpa izin edar ini diamankan oleh petugas BPOM bekerjasama dengan pihak Polda Sulawesi Tengah. Yang mana penemuan ribuan botol jamu ilegal dan berbahaya itu berawal dari laporan masyarakat yang menduga adanya truk yang mengangkut ribuan botol jamu ilegal.

Setelah diperiksa truk tersebut, petugas BPOM dan Polda Sulteng menemukan ribuan botol jamu ilegal yang telah dilarang beredar sejak tahun 2015 lalu.

Ribuan jamu dari berbagai jenis tersebut berasal dari wilayah Surabaya, Jawa Timur. Rencananya akan didistribusikan di sejumlah Kabupaten yang di Sulawesi Tengah. 

Berita Terkait