Selasa, 17 Oktober 2017 13:49 WITA

Bhayangkari Sulsel dan Disdukcapil Buat Akta Kelahiran Gratis

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bhayangkari Sulsel dan Disdukcapil Buat Akta Kelahiran Gratis
Ratu Diana Muktiono (kiri) dan Nielma Palamba.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-65 Tahun 2017, Bhayangkari Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar kampanye Ikut Peduli Terhadap Hak Sipil Anak Indonesia di Polres Pelabuhan, Selasa (17/10/2017).

Kepedulian tersebut ditunjukkan melalui pembuatan akta kelahiran gratis anak. Dalam kegiatan ini, Bayangkari Sulsel menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar.

Ketua Bayangkari Daerah Sulsel, Ratu Diana Muktiono mengatakan, kegiatan sosial ini digelar sebagai pengabdian Bayangkari kepada masyarakat, sekaligus bentuk kepedulian terhadap sistem administrasi kependudukan, terutama anak-anak. 

"Akta kelahiran adalah dokumen yang sangat penting bagi anak. Sehingga setiap anak harus memiliki akta kelahiran. Apalagi untuk pembuatannya juga gratis, tidak dipungut biaya. Itu yang harus kita sosialiasasikan kepada masyarakat luas," kata Ratu dalam sambutannya.

Bhayangkari Sulsel dan Disdukcapil Buat Akta Kelahiran Gratis

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba mengaku sangat bersyukur atas keterlibatan Bhayangkari Daerah Sulsel, dalam aksi sosialisasi pentingnya kelengkapan dokumen bagi anak, khususnya menyangkut akta kelahiran.

"Penerbitan akta kelahiran sebenarnya sangat mudah. Cukup mengajukan di rumah sakit tempat bayi tersebut lahir, akta kelahiran bisa langsung diterbitkan," ungkap Nielma.

Nielma menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Disdukcapil, saat ini memiliki inovasi baru dalam penerbitan akta kelahiran. Dimana syarat pengurusan, cukup bawa foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) orangtua dan buku nikah. Selanjutnya ajukan ke pihak rumah sakit atau puskesmas tempat bayi tersebut lahir.

Ia pun menambahkan, pihaknya juga telah menitip 50 lembar formulir akta kelahiran di masing-masing rumah sakit dan puskesmas di Kota Makassar. Sehingga diharapkan dapat mempermudah pengurusan akta kelahiran.