Selasa, 17 Oktober 2017 09:03 WITA

KPU Perpanjang Perbaikan Syarat Administrasi Parpol 

Penulis: Rizal
Editor: Sulaiman Abdul Karim
KPU Perpanjang Perbaikan Syarat Administrasi Parpol 
Sosialisasi KPU Makassar jelang pendaftaran parpol peserta Pemilu Legislatif 2019.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup pendaftaran peserta partai politik Pemilu 2019, Senin malam (16/10/2017) tepat pukul 00.00 WIB, namun ada kebijakan khusus yang diberikan. KPU memperpanjang masa perbaikan syarat administrasi.

Seperti foto copy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA) pengurus partai. Hal tersebut dibenarkan oleh Komisioner KPU Makassar, Andi Syarifuddin, ketika dikonfirmasi, Selasa (17/10/2017) dinihari.

"Ada beberapa parpol yang belum melengkapi berkas di KPU serta masih melakukan berbagai perbaikan. Namun, ada surat edaran terbaru dari KPU RI yang memberikan kebijakan waktu tambahan 1x24 jam atau satu hari kepada parpol untuk melengkapi semua persyaratan administrasi tersebut," tuturnya.

Dengan adanya kebijakan melalui surat edaran tersebut, KPU akan menerima hasil perbaikan dari partai politik yang belum melengkapi persyaratan administrasinya. Untuk kemudian diserahkan paling lambat tiga hari setelah penutupan secara resmi masa pendaftaran. 

"Setelah itu kita akan laporkan ke KPU RI paling lambat 3 hari setelah penutupan masa pendaftaran," jelasnya.

Adapun surat edaran KPU RI yang berisi perpanjangan masa perbaikan di umumkan melalui surat bernomor: 585/PL.01.1-SD/03/KPU/X/2017 yang ditandatangani oleh Pelaksana Tugas sekaligus Komisioner KPU Hasyim Asy'ari.

loading...

Sekedar diketahui, salah satu syarat parpol untuk mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 adalah memiliki 100 persen kepengurusan di tingkat provinsi, 75 persen di tingkat kabupaten/kota, dan 50 persen di tiap kecamatan.

Sebelumnya, KPU membuka pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019 sejak tanggal 3 hingga 16 Oktober 2017. Dari 73 parpol yang terdaftar di Kemenkumham, yang mengajukan username sipol 31 parpol. Dari 31 parpol itu hanya ada 27 parpol yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019. 

Adapun 4 parpol yang lainnya tidak mendaftar meski mendapat akses sipol. Dari 27 parpol yang mendaftar, baru 10 parpol yang dinyatakan lengkap dan diterima. Sementara itu, 17 parpol lainnya masih dalam tahap pemeriksaan administrasi dan perbaikan dokumen. 

Khusus perbaikan syarat administrasi seperti foto copy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA) pengurus partai diberikan kebijakan sampai tanggal 17 Oktober hari ini pukul 24.00 WIB.

Loading...
Loading...