Senin, 16 Oktober 2017 14:35 WITA

Pemkab Mamuju Bantu 56 Masyarakat Terima Sertifikat Pelaut

Penulis: Harno Nanda Rohedy
Editor: Almaliki
Pemkab Mamuju Bantu 56 Masyarakat Terima Sertifikat Pelaut

RAKYATKU.COM, MAMUJU - Ada 56 masyarakat Mamuju yang diutus dan telah lulus tes pelatihan kelautan, menerima sertifikat pemberdayaan keterampilan pelaut, Senin (16/10/17).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mamuju, Artis Effendi, sebelumnya mengutus 60 orang masyarakat Mamuju mengikuti pelatihan kelautan di Makassar. Secara teknis, ada 4 peserta yang tidak lulus dalam tes kesehatan.

"Kami ke kecamatan mengedarkan brosur, kemudian kami seleksi juga dengan melihat latar belakang mereka, karena program ini dikhususkan bagi masyarakat yang kurang mampu. Ada 60 yang kami utus, namun 4 orang tidak lulus karena buta warna. Mereka yang telah mengikuti pelatihan sudah memiliki basic kelautan. Saat ini kami sedang dalam pembuatan feri mini, nah mereka ini bisa jadi ABK (Anak Buah Kapal)," urainya.

Dalam kesempatan tersebut, Artis juga menyerahkan dokumen SITU/SIUP kepada tiga orang tenaga kontrak mandiri.

Loading...

Menurut Artis, ini merupakan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Kepada tenaga honorer mandiri, ia berharap dokumen SITU/SIUP dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga dapat benar-benar mandiri bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan.

"Salah satu konsen Pemerintah Kabupaten Mamuju berdasarkan visi dan misi adalah pengembangan potensi lokal. Potensi lokal ini nanti mungkin bisa dipikirkan oleh teman-teman kita tadi yang memperoleh SITU/SIUP, agar bisa dijabarkan dan menambah kegiatan-kegiatan yang sifatnya berkorelasi dengan program pemerintah daerah," tutup Artis.

Loading...
Loading...