Senin, 16 Oktober 2017 11:57 WITA

Pemkot Makassar Ajukan Formasi CPNS Capai 1.185 Orang

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pemkot Makassar Ajukan Formasi CPNS Capai 1.185 Orang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, yang telah pensiun sejak 2015 hingga 2017, mencapai 1.110 orang.

Masing-masing terdiri dari, guru 594 orang dan tenaga teknis 516 orang. 

Disamping itu, Pemerintah telah melakukan moratorium penerimaan CPNS selama dua tahun terakhir, yang mengakibatkan Pemkot Makassar saat ini kekurangan pegawai.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Basri Rachman mengatakan, pihaknya telah mengusulkan pengangkatan pegawai ke Pemerintah Pusat, dengan formasi 1.185 orang. 

Dengan komposisi guru 900 orang, tenaga teknis kesehatan 100 orang dan tenaga strategis 185 orang. Sesuai kebutuhan Pemkot Makassar saat ini.

"Prinsipnya, begitu MenPAN-RB menetapkan formasi jabatan dan mengeluarkan izin prinsip, rekrutmen bisa dilakukan. Kemudian seleksi lewat kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang," jelas Basri. 

Basri berharap, formasi yang diterima Pemerintah Pusat tahun ini, bisa lebih banyak dari sebelum moratorium 2014 lalu. Yakni hanya 10 persen dari setiap usulan formasi yang dilampirkan.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan, pihaknya saat sangat membutuhkan pengangkatan pegawai, untuk memaksimalkan pelayanan. 

"Ini demi mendukung pemaksimalan kinerja pada masing-masing bidang dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)," kata Danny.