Sabtu, 14 Oktober 2017 11:41 WITA

Idris Syukur Masih Bisa Tempuh Upaya Hukum

Editor: Mulyadi Abdillah
Idris Syukur Masih Bisa Tempuh Upaya Hukum
Andi Idris Syukur (Foto: Dok)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mantan Bupati Barru, Andi Idris Syukur masih bisa menempuh upaya hukum meski sudah dijebloskan ke penjara. 
 
"Masih bisa melakukan upaya hukum berupa peninjuan kembali (PK).  Tapi, upaya hukum itu tidak bisa membatalkan hukuman badan yang harus dijalani," ungkap Asisten Bidang Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sulselbar, Tugas Utoto, Sabtu (14/10/2017).

Idris Syukur dieksekusi oleh Kejati Sulselbar pada Kamis (12/10/2017), jam 20:00 Wita. Eksekusi itu berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 603K/PID.SUS/2017. Idris ditahan di Lapas Kelas I Makassar. 

Saat ini, Kejaksaan mengeksekusi barang bukti dalam kasus tersebut. "Sekarang yang utama kan hukuman badannya dulu, kalau barang buktinya tidak apa-apa di belakang tapi pasti juga akan dieksekusi," tambahnya. 

Idris dijebloskan ke penjara karena terbukti menerima suap Pajero Sport saat aktif menjadi bupati Barru. Suap itu untuk mengeluarkan izin eksplorasi tanah liat dan batu gamping. Idris di kasus ini divonis pidana selama 4,5 tahun serta denda sebesar Rp 250 juta subsider 8 bulan penjara. Andi terbukti melanggar pasal 12 huruf e UU Tipikor.