13 October 2017 20:24 WITA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros Siapkan Rumah Baca di Lapas

Editor: Adil Patawai Anar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros Siapkan Rumah Baca di Lapas

RAKYATKU.COM, MAROS - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten 
Maros kini punya program baru, program itu disebut Gamacca atau Gerakan Minat Baca. Gerakan ini dilaksanakan diantaranya dengan mendirikan rumah baca pada instansi, organisasi dan ruang publik. 

Sekaitan Gamacca tersebut, dilakukan kerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Maros. Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kamaluddin Nur dengan Kepala Lapas Kelas IIA Maros Warsianto B di kantor Lapas Kelas IIA di Kandeapi Mandai Maros, Jumat (13/10/2017).

Kamaluddin Nur menyampaikan, program gerakan minat baca ini akan terus diciptakan untuk mendukung gerakan literasi yang sudah dicanangkan oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman. 

"Tentu kita berharap, rumah baca ini bisa dimanfaatkan oleh warga binaan Lapas Maros dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, di samping sebagai sarana mengisi waktu mereka selama masa pembinaan," ujarnya.

Ditambahkannya, dengan adanya rumah baca, para warga binaan bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan membaca buku. Pasalnya ada 200 buku yang disiapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros dalam rumah baca Lapas Maros tersebut.

Sementara, Warsianto B menyambut baik kerjasama ini, menurutnya hal ini merupakan sebuah inovasi yang patut diapresiasi.

"Sehingga apa yang menjadi harapan kita, nantinya para warga binaan setelah keluar dari tempat ini bisa memanfaatkan ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat, khususunya bagi dirinya sendiri dan keluarganya. 

Pihaknya berharap, kerjasama ini tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi akan terus berlanjut dan berkesinambungan.