13 October 2017 17:42 WITA

Tim Penilai Kabupaten Sehat Soroti Produksi Sampah di Soppeng 

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tim Penilai Kabupaten Sehat Soroti Produksi Sampah di Soppeng 

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Tim Verifikasi Kabupaten Sehat, memaparkan hasil evaluasi pasca penilaian di beberapa titik fokus yang ada di Kabupaten Soppeng. 

Ketua Tim Penilai, Dewi Marlina mengatakan, setelah mengunjungi beberapa titik, dirinya bersama tim menemui beberapa kekurangan dan kelebihan di setiap titik. 

"Salah satunya, jumlah produksi sampah yang sangat tinggi di Soppeng, hal tersebut terlihat dari beberapa tempat sampah yang telah mengalami kelebihan kapasitas," ungkap Dewi, Jumat (13/10/2017). 

Ia menambahkan, persoalan ini diatasi dengan dibuatkannya bendungan untuk menampung sampah itu kembali. Tetapi menurutnya hal itu masih perlu diperbaiki kembali, khusus untuk pengelolaan sampah limbah rumah tangga. 

"Sedangkan untuk  pariwisata sehat, sangat luar biasa usaha bapak Bupati untuk menciptakan terobosan-terobosan baru dan inovasi setiap desa, itu merupakan nilai plus lagi untuk kami," ujarnya. 

Sedangkan untuk ketahanan pangan, Tim Verifikasi merasa takjub dengan beberapa lokasi khusus yang masyarakatnya banyak membudidayakan beberapa varietas, mulai dari beternak hingga berkebun. 

"Dari semua lokus yang dikunjungi banyak masyarakat yang mengelola ikan lele, budi daya buah naga, kripik pisang, dodol pangi, sampai membuat kosmetik tradisional yaitu bedda lotong, itu semua menjadi penilaian yang bagus untuk kami," tutupnya.