13 October 2017 17:02 WITA

SYL dan None Panen Sayuran di SMA 10 Makassar 

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
SYL dan None Panen Sayuran di SMA 10 Makassar 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Masih dalam rangkaian kegiatan "Gerakan 1.000 Kebaikan" dalam rangka menyambut HUT Sulsel ke 348, Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel mencanangkan tanam 1.000 pohon selada dan panen 1.000 sayuran sawi di SMA 10 Makassar, Antang, Jumat (13/10/2017). 

Terlihat Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) ikut memanen ribuan sayur sawi tersebut.

Adapun penanaman sayuran ini dilakukan dengan cara aeroponik, yakni salah satu cara bercocok tanam sayuran di udara tanpa penggunaan tanah, nutrisi disemprotkan pada akar tanaman, air yang berisi larutan hara disemburkan dalam bentuk kabut hingga mengenai akar tanaman. Akar tanaman yang ditanam menggantung akan menyerap larutan hara tersebut. Air dan nutrisi disemprotkan menggunakan irigasi sprinkler. 

Sayuran hasil budidaya dengan sistem aeroponik ini terbukti memiliki kualitas yang baik, higienis, sehat, segar, renyah, beraroma, dan disertai citarasa yang tinggi. Sayuran aeroponik dapat mengisi peluang kebutuhan tingkat masyarakat menengah ke atas.

Kadisdik Sulsel, Irman Yasin Limpo (None) mengatakan, penanaman sayuran ini hanya berlangsung selama dua bulan dan setelah itu sudah bisa dipanen hasilnya. 

"Kedepan semua sekolah di Sulsel harus melakukan hal yang sama dengan yang telah dilakukan oleh SMA 10 Makassar ini. Desember semua sekolah harus sudah bisa menerapkan, jadi artinya teori dalam kelas prakteknya yaitu seperti ini," katanya. 

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, kedepan tantangan anak-anak yang ada sekarang sangat berat. Untuk itu harus dibekali dengan talenta dan karakter yang kuat. 

"Generasi sekarang dan mendatang tidak hanya harus cerdas dan berkarakter, tetapi harus produktif dengan memanfaatkan peluang di sekitarnya. Dengan demikian, jadilah mereka generasi  paripurna," tutupnya.