Jumat, 13 Oktober 2017 16:12 WITA

42 Anggota Panwascam Se-Kabupaten Maros Dilantik

Editor: Fathul Khair Akmal
42 Anggota Panwascam Se-Kabupaten Maros Dilantik

RAKYATKU.COM, MAROS - Sebanyak 42 anggota Panwascam se-Kabupaten Maros dilantik oleh ketua Panwas Maros, di Hotel Continent Centrepoint, Jumat (13/10/2017). 

Anggota Panwascam tersebut ditetapkan berdasarkan hasil pleno dari komisioner Panwas Maros beberapa hari yang lalu.

Ketua Panwas Kabupaten Maros, Sufirman mengatakan, anggota Panwascam yang terpilih akan bekerja untuk pemilihan Gubernur dan wakil gubernur 2018 mendatang dan akan dilanjutkan dengan dengan pemilihan umum DPR, DPRD, DPD dan Pilpres pada 2019.

"Jadi hari ini 42 anggota Panwascam sudah kita lantik, tentu tahap awal yang harus mereka lakukan adalah melengkapi struktur, dari 3 komisioner mereka berembuk untuk menentukan 1 ketua, kemudian masing-masing panwas membagi tugas di setiap divisi," ujar Firman.

Adapun 3 divisi yang ada di Panwascam sama dengan divisi yang ada di Panwas Kabupaten. Yakni, Divisi Organisasi dan SDM,  Penindakan dan Pelanggaran, serta Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga.

Firman melanjutkan, tugas berikutnya, para Panwascam akan bekerja dalam mengawasi tahapan dan proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan 2018. 

"Jadi untuk Panwascam ini tentu tugas pertama adalah melakukan pengawasan terhadap Pilgub 2018. Setelah itu sesuai dengan penandatanganan fakta integritas Panwascam ini akan melanjutkan pengawasan di pemilihan umum DPR, DPD, dan DPRD, serta Pilpres pada 2019 mendatang," lanjut Firman.

Ia menambahkan anggota Panwascam yang terpilih ini diharapkan bisa bekerja maksimal, mengingat betapa ketatnya seleksi yang dilakukan oleh panitia.

"Proses perekrutan sangat ketat, termasuk pada proses tes wawancara yang dilakukan. Selain memperhatikan rekam jejak yang bersangkutan, membuka kembali berkas pendaftaran kami juga mendalami kemampuan dan integritas calon sampai pada pertanyaan tanggapan masyarakat yang masuk untuk diklarifikasi oleh yang bersangkutan," katanya.

"Tentu hal ini dilakukan dengan tujuan untuk benar-benar memastikan bahwa yang akan bekerja sebagai panwascam kedepan adalah orang-orang yang benar-benar memiliki integritas dan kemampuan yang baik," tutupnya.