13 October 2017 14:45 WITA

BPJS Kesehatan: Kartu Askes Masih Berlaku

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
BPJS Kesehatan: Kartu Askes Masih Berlaku
Ilustrasi/Kartu Askes.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Akhir-akhir ini beredar berbagai informasi mengenai cara penggantian kartu Askes untuk pegawai dan pensiunan menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS), yang merupakan produk milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.   

Dalam pesan yang beredar menyatakan bahwa, kartu Askes (Kartu yang Berwarna Kuning) itu harus segera diganti karena sudah tidak aktif. Namun saat dikonfirmasi ke pihak BPJS Kesehatan, ternyata informasi yang beredar tersebut tidak dibenarkan.

“Kartu Askes masih tetap berlaku sesuai ketentuan, sepanjang belum diganti dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS)," kata Saiyed selaku Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan KCU Makassar kepada Rakyatku.com, Jumat (13/10/2017).

Meski demikian, lanjut dia, jika ada yang ingin mengganti boleh secara kolektif melalui satuan kerja dengan melampirkan KTP/KK, slip gaji terakhir dan SK Terakhir.

"Boleh langsung dibawa ke Kantor BPJS Kesehatan khusus layanan PNS/TNI/POLRI yang beralamat di Boulevard (Samping Hotel Denpasar)," jelasnya.