Jumat, 13 Oktober 2017 11:33 WITA

THM Berkedok Restoran di Makassar Bikin PAD Bocor

Editor: Sulaiman Abdul Karim
THM Berkedok Restoran di Makassar Bikin PAD Bocor
Publiq Dine & Wine di Jalan Arief Rate diduga THM yang berkedok sebagai restoran.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, menemukan adanya restoran yang menyalahi izin operasional yang terbitkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Tempat usaha yang terletak di tiga titik ini, diduga beraktifitas seperti tempat hiburan malam.

Diketahui tempat hiburan yang dimaksud, antara lain Publiq Dine & Wine Jalan Arief Rate, Barcode Jalan Amanagappa, dan One Up Kitchen & Bar Jalan Pattimura.

Kepala Bidang Pajak Bapenda Kota Makassar, Ibrahim mengatakan, keberadaan tempat hiburan yang berkedok restoran, memberikan dampak terhadap kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar.

Pasalnya, pajak tempat hiburan umumnya jauh lebih tinggi, yakni bisa mencapai 35 persen. Sementara pajak restoran, pemilik usaha hanya membayarkan pajak 10 persen. 

"Karena itu, banyak tempat hiburan, yang kadang-kadang membuat usaha berkedok restoran, agar dapat menghindari pajak tinggi," ungkap Ibrahim, Jumat (13/10/2017).

Menindaklanjuti hal tersebut, tambah Ibrahim, diperlukan adanya koordinasi yang tepat antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Mulai Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Dinas Pariwisata (Dispar), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Pajak yang menjadi tugas Bapenda, selama ini masih terkendala oleh rekomendasi yang dikeluarkan DPM-PTSP dan Dispar. Seperti tiga tempat ini, izinnya restoran tapi didalamnya ada hiburan. Kondisi ini tentu menyusahkan kami dalam penetapan pajak, untuk sangat diperlukan adanya koordinasi antara SKPD," ujarnya.