12 October 2017 19:38 WITA

Bibie Jadi Ikon Fashion Carnaval Silk of South Sulawesi 2017

Editor: Fathul Khair Akmal
Bibie Jadi Ikon Fashion Carnaval Silk of South Sulawesi 2017
Syahrul Yasin Limpo dan Bibie

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Cucu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Andi Tenri Bilang Radisyah Melati menjadi ikon Fashion Carnaval Silk of South Sulawesi 2017 dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel yang ke-348. 

Selain Bibie, Ketua DPD KNPI Sulsel, Imran Eka Saputra juga menjadi ikon pada kegiatan itu. Bibie saat ini, juga merupakan bendahara DPD KNPI Sulsel. Keduanya akan memakai gaun berbahan murni dari kain sutra khas Sulsel. 

"Dua pemuda ini dipilih jadi ikon Fashion Carnaval Silk of South Sulawesi 2017. Nanti keduanya akan memakai baju dari kain sutra," ujar Ketua panitia Fashion Carnaval Silk of South Sulawesi 2017, Ahmadi Akil. 

Sementara untuk desain baju yang akan di pakai, masih akan mengambil desain dari luar Sulsel. Seperti tahun lalu, baju yang dipakai oleh putri SYL, Indira Chunda Thita Syahrul, di kegiatan yang sama dia mengenakan pakaian yang dipesan langsung dari Jember. 

"Tahun ini bajunya kita pesan dari luar Sulsel. Bukan kita tidak percaya dengan Sulsel, tapi tidak bisa kita pungkiri Bali dan Solo sudah pengalaman dalam carnaval. Makanya tahun ini kita masih pesan baju atau desain baju dari Bali atau Solo," katanya. 

Sementara untuk seluruh peserta fashion carnaval, diberikan kebebasan untuk mendesain pakaiannya sendiri. Akan tetapi harus tetap mempertimbangkan nilai-nilai lokal yaitu memasukkan bahan dasar sutra minimal 40 persen. 

"Juga mengedepankan identitas budaya sehingga menciptakan sebuah brand image yang kuat, bahwa sutra adalah produk khas Sulsel yang perlu dijaga dan dilestarikan. Sekaligus mampu menjadikan lokomotif pendorong pertumbuhan ekonomi kreatif khususnya di bidang fashion," tambahnya.

Ia melanjutkan, selama ini, fashion carnaval di Indonesia masih berpusat di Jakarta dan Bali. Melalui fashion carnaval ini, diharapkan Makassar mampu menjadi pusat fashion kedepannya. 

Dalam fasion carnaval silk of south Sulawesi 2017 nanti, ada beberapa daerah yang akan hadir.

"Yaitu Carnaval Bali, Carnaval Solo, Carnaval Banyuwangi dan Carnaval NTT. Itu yang sudah pasti akan hadir. Sementara Carnaval Semarang masih belum pasti akan hadir. Provinsi ini kita undang karena kita tahu mereka adalah carnaval terbaik se-Indonesia saat ini," jelasnya.