12 October 2017 18:37 WITA

Cold Storage Pelabuhan Untia Mulai Dibangun

Editor: Fathul Khair Akmal
Cold Storage Pelabuhan Untia Mulai Dibangun

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan peletakan batu pertama pembangunan Colad Storage, di Pelabuban Nasional Untia Makassar, Kamis (12/10/2017).

Cold Storage dibangun oleh PT Perikanan Samudera Indonesia yang merupakan anak usaha PT Perikanan Indonesia (Perindo). SYL berharap, pembangunan ini cepat diselesaikan agar bisa mendukung aktifitas perikanan.

"Saya mau dalam waktu enam hingga tujuh bulan ini selesai, yang ada masalah-kan tinggal air, minyak (BBM) juga. Saya akan koordinasikan dengan Pertamina, kita fasilitasi," kata SYL. 

Sementara itu, Direktur Pelabuhan Perikanan Frits Penehas Lesnusa berterimakasih dan memberikan penghargaan atas dukungan Gubernur dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk bantuan sarana/prasarana dan dukungan administrasi pengembangan Pelabuhan Perikanan Untia.

"Harapakan kita dalam waktu dekat Pelabuhan Perikanan Untia dapat menjadi salah satu pelabuhan perikanan UPT Pusat di Sulawesi Selatan. Sehingga dapat memberikan layanan maksimal bagi pelaku usaha perikanan tangkap di daerah ini," harapnya. 

Keberadaan cold stroge sangat penting dalam menjaga mutu hasil tangkapan ikan yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Untia. Pada akhirnya juga meningkatkan pendapatan nelayan. 

Disamping cold stroge, juga akan ada pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBU-N) yang dibangun oleh perusahaan swasta dari Makassar. 

Kehadiran SPBU-N ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan BBM bagi nelayan secara cepat dan harga standar pemerintah.

"BBM merupakan komponen utama dalam usaha penangkapan ikan, yakni berkisar antara 60-70 persen dari biaya operasional," urai Fritz. 

Terkait air bersih, yang menjadi masalah pemenuhan infrastruktur di Pelabuhan Untia dalam waktu dekat akan diadakan mobil tangki pengangkut air bersih melalui pengadaan APBN tahun 
2017. 

Sehingga dengan terpenuhinya komponen BBM, Air Bersih dan cold Storage dan fasilitas lainnya yang diadakan secara bertahap Pelabuhan Perikanan Untia dalam waktu dekat dapat beroperasi secara maksimal. 

"Diharapkan dengan adanya penambahan fasilitas tersebut dapat menarik minat para nelayan untuk segera melakukan aktivitas perikanan di Pelabuhan Perikanan Untia," pungkasnya.

Berita Terkait