Kamis, 12 Oktober 2017 18:14 WITA

Korea Utara Tuduh Trump Nyalakan Sekering Perang

Editor: Suriawati
Korea Utara Tuduh Trump Nyalakan Sekering Perang
Presiden AS Donald Trump

RAKYATKU.COM - Menteri Luar Negeri Korea Utara mengatakan, Presiden AS Donald Trump "menyalakan sekering perang" dengan komentar provokatifnya dalam Majelis Umum PBB.

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita TASS Rusia pada hari Rabu (11/10/2017), Ri Yong-ho mengatakan "dengan tuduhan berperang dan marah kepada PBB, dapat dikatakan bahwa Trump telah menyalakan sekering perang melawan kami".

BACA JUGA: Trump Berencana Kunjungi Perbatasan Antar Korea

"Pemimpin tertinggi yang kami sayangi Kim Jong-un telah memperingatkan dengan keras, bahwa AS harus bertindak dengan cara yang wajar dan berhenti menyerang kami jika tidak ingin dipermalukan di depan seluruh dunia di bawah pukulan berat kami," tambah Ri.

Korea Utara Tuduh Trump Nyalakan Sekering PerangMenteri tersebut juga mengecam paket sanksi PBB yang ditetapkan bulan lalu. "Pemerintah republik kami telah berkali-kali menyatakan bahwa setiap usaha untuk mencekik kami, untuk membuat kami tersendat dengan sanksi sama dengan tindakan perang," katanya.

Dia menambahkan bahwa Korea Utara tidak akan mengesampingkan "penggunaan tindakan yang paling ekstrem sebagai tanggapan."

Trump menggunakan pidato perdananya ke PBB pada bulan September untuk mengancam akan "menghancurkan" negara bersenjata nuklir jika Kim tidak mundur.

BACA JUGA: Rusia: Korut Persiapkan Uji Rudal yang Bisa Capai Pantai Barat AS

Ketegangan akibat program senjata Korea Utara telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, di mana Pyongyang meluncurkan serangkaian rudal dan melakukan uji coba nuklir keenam dan paling kuat bulan lalu.