Kamis, 12 Oktober 2017 16:15 WITA

4 Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Disebut di Pengadilan

Editor: Suriawati
4 Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Disebut di Pengadilan
Kim Jong-nam

RAKYATKU.COM - Empat tersangka lain yang dituduh membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara diidentifikasi untuk pertama kalinya di sebuah pengadilan Malaysia, Kamis (12/10/2017).

Empat orang ini dituntut pada bulan Maret bersama dengan Siti Aisyah dari Indonesian dan Doan Thi Huong dari Vietnam. Mereka semua dituduh terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam di bandara internasional Kuala Lumpur pada tanggal 13 Februari. 

BACA JUGA: Aisyah dan Doan Mengaku Tidak Bersalah Bunuh Kim Jong-nam

Keempat tersangka tersebut hanya diidentifikasi sebagai Mr. Chang, Mr. Y, James, dan Hanamori, yang juga dikenal sebagia Grandpa atau Uncle.

Petugas polisi yang menyelidiki kasus ini, Wan Azirul mengatakan kepada pengadilan bahwa Mr. Y adalah orang yang terlihat dalam rekaman video yang diputar di pengadilan. Dalam video, pria itu mengenakan topi hitam dan membawa ransel hitam, dan berjalan ke bandara dengan seorang wanita yang mirip Huong. 

"Berdasarkan penyelidikan saya, Mr. Y adalah orang yang memberikan cairan pada terdakwa kedua," kata Wan Azirul, mengacu pada Huong. 

4 Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Disebut di PengadilanSementara itu, Chang terlihat dalam video terpisah. Ia bertemu dengan Siti Aisyah di sebuah restoran di ruang keberangkatan tingkat tiga di bandara tersebut. 

Wan Azirul mengatakan, peran Hanamori dalam pembunuhan adalah memberikan instruksi kepada Mr. Y, sementara James "merekrut" Siti Aisyah.

Dia tidak mengatakan apakah keempat tersangka tersebut adalah warga Korea Utara atau apakah mereka adalah orang yang sama yang menurut polisi Malaysia telah meninggalkan Kuala Lumpur menuju ke Pyongyang pada hari pembunuhan tersebut. 

Sidang akan dilanjutkan setelah sebuah kunjungan yang direncanakan ke bandara pada 24 Oktober.