12 October 2017 16:06 WITA

Polri Petakan 171 Titik Rawan di Pilkada Serentak 2018

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Polri Petakan 171 Titik Rawan di Pilkada Serentak 2018
Komjen Pol Syafruddin (Rakyatku).

RAKYATKU.COM - Wakapolri, Komjen Pol Syafruddin mengungkapkan, telah memetakan sejumlah 171 titik rawan konflik terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

Syafruddin mengungkapkan, Polri tetap waspada di seluruh wilayah yang menggelar Pilkada Serentak 2018. Sebanyak 171 daerah akan berpartisipasi pada ajang pemilihan kepala daerah tahun depan, termasuk 17 provinsi.

Namun, dia mengakui, terdapat sejumlah wilayah yang rawan. Polri pun mengantisipasi titik-titik tersebut, khususnya yang akan menggelar Pilkada.

“Paling tidak di daerah rawan di Papua, Aceh sudah selesai. Lalu pilkada, Sulawesi, NTT, Maluku, Maluku Utara, Jawa Jabar, Jatim, Jateng, hampir seluruh (provinsi) di Jawa yang akan melakukan pilkada, kecuali Banten dan DKI,” kata Syafruddin di Senayan, Kamis (12/10/2017).

Selain itu, Polri juga fokus pada agenda internasional pada 2018, yakni Asian Games yang akan diikuti 54 negara. Jakarta bersama Palembang akan menjadi tuan rumah pesta olahraga antarnegara di Asia tersebut pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Polri berfokus mengamankan gelaran pesta olahraga itu lantaran kelancaran agenda tersebut membawa nama baik indonesia. Ini merupakan kali kedua Indonesia menggelar Asian Games, setelah pada 1962.

“Akan harum di dunia internasional manakala kita berhasil di agenda ini, ketemu 100 tahunan oleh karena itu kebanggaan kita semua,” jelas Syafruddin dilansir Tribrata.

Diketahui, Pilkada Serentak akan digelar pada tahun 2018 di Indonesia. Di tahun yang sama, Indonesia juga akan menggelar pesta olah raga negara-negara di Asia yang dikenal dengan Asian Games.