Kamis, 12 Oktober 2017 14:58 WITA

Tulisan 'Allah' Ditemukan Dalam Pakaian Pemakaman Viking

Editor: Suriawati
Tulisan 'Allah' Ditemukan Dalam Pakaian Pemakaman Viking
Kata 'Allah' dalam pola pakaian Viking

RAKYATKU.COM - Peneliti di Swedia menemukan karakter Arab yang ditenun dalam pakaian penguburan Viking. Penemuan tersebut menimbulkan pertanyaan baru tentang pengaruh Islam di Skandinavia.

Pakaian yang diteliti ini digali pada akhir abad ke-19 dan pertengahan abad ke-20. Penelitian tersebut dilakukan oleh arkeolog tekstil Annika Larsson dari Universitas Uppsala. Dia menemukan bahwa pola yang ditenun dengan benang sutra dan perak mengeja kata-kata "Allah" dan "Ali".

BACA JUGA: Arkeolog Temukan Tiga Makam Kuno Berusia 2.000 Tahun di Mesir

Larsson mulai tertarik pada fragmen yang terlupakan itu, setelah menyadari materi itu berasal dari Asia Tengah, Persia dan China.

Ia mengatakan desain geometris mungil pada pakaian itu tidak seperti yang pernah dia temukan di Skandinavia sebelumnya. "Saya tidak bisa memahaminya dan kemudian saya ingat di mana saya pernah melihat desain serupa - di Spanyol, pada tekstil Moor."

Larsson kemudian menyadari bahwa dia tidak melihat pola Viking sama sekali kecuali naskah Arab kuno.

Tulisan 'Allah' Ditemukan Dalam Pakaian Pemakaman VikingAda dua kata yang terus berulang. Salah satunya nama "Ali" yang dia identifikasi dengan bantuan seorang rekannya dari Iran. Tapi kata di sebelah Ali lebih sulit untuk diuraikan. Untuk membuka teka-teki itu, dia memperbesar huruf dan memeriksanya dari semua sudut, termasuk dari belakang.

"Saya tiba-tiba melihat bahwa kata Allah ditulis dengan huruf mirror (cermin)," katanya.

Larsson sejauh ini telah menemukan dua karakter itu di 10 dari hampir 100 buah yang dia tangani, dan keduanya selalu muncul bersamaan.

Temuan baru itu sekarang menimbulkan pertanyaan menarik tentang penghuni kuburan Viking. "Kemungkinan bahwa beberapa dari mereka yang berada di kuburan itu Muslim tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan," katanya.

"Kami tahu dari penggalian kuburan Viking lainnya bahwa analisis DNA telah menunjukkan beberapa orang yang dikuburkan di dalamnya berasal dari tempat-tempat seperti Persia, di mana Islam sangat dominan."

"Namun, kemungkinan temuan ini menunjukkan bahwa kebiasaan pemakaman Viking dipengaruhi oleh gagasan Islam seperti kehidupan kekal di surga setelah kematian."

Timnya sekarang bekerja dengan departemen universitas untuk imunologi, genetika dan patologi untuk menentukan asal-usul geografis tubuh yang mengenakan pakaian pemakaman.

Kontak antara dunia Viking dan dunia Muslim telah lama ditemukan oleh catatan sejarah dan penemuan koin-koin Islam di belahan bumi utara.