12 October 2017 13:45 WITA

Korban Tewas Kebakaran Hutan California Meningkat Jadi 21 Orang

Editor: Suriawati
Korban Tewas Kebakaran Hutan California Meningkat Jadi 21 Orang
Restoran McDonalds yang hancur akibat kebakaran hutan di Santa Rosa, California,

RAKYATKU.COM - Jumlah korban tewas akibat kebakaran 12 hutan di California meningkatkan menjadi 21 orang. Dari jumlah tersebut, 11 orang tewas dilaporkan berasal dari Sonoma County, enam di Kabupaten Medocino, dua di Napa County dan dua di Yuba County.

Di Sonoma County, 670 orang dilaporkan hilang dan 110 orang ditemukan selamat.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di California, 10 Orang Tewas

Kepala Pemadam Kebakaran Cal Ken Pimlott mengatakan bahwa kebakaran diperparah oleh angin kencang, di mana negara berada di bawah peringatan merah Pada hari Rabu (11/10/2017).

"Jangan salah, ini adalah peristiwa yang sangat serius dan kritis," katanya."

Pimlott mengatakan, sekitar 8.000 petugas pemadam kebakaran sedang memerangi kobaran api beserta berbagai helikopter, tanker udara, pesawat tak berawak dan pesawat lain. Dia mengatakan bahwa pemadam kebakaran Washington, Oregon dan Nevada telah mengirim mesin pemadam kebakaran dan bantuan lainnya.

Sementara itu, Gubernur California Jerry Brown mengatakan pada hari Rabu, bahwa kebakaran hutan di seluruh negara bagian dapat menghabiskan biaya puluhan miliar dolar.

"Dengan iklim yang hangat dan cuaca yang kering dan mengurangi kelembaban, bencana semacam ini ... akan terus terjadi dan kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk menguranginya," katanya.

"Ini akan menghabiskan banyak uang," tambahnya. "Ini bisa mencapai puluhan miliar."

Pejabat memperkirakan setidaknya 3.500 rumah dan bangunan komersial hancur akibat kebakaran hutan yang bergerak cepat. Kebakaran tersebut mencakup lebih dari 170.000 are.