12 October 2017 09:02 WITA

OPINI

Pemuda yang Excellent

Editor: Almaliki
Pemuda yang Excellent

Oleh: Abdul Jabbar A. 
(Wakil Ketua KNPI Sidrap)

Pemuda adalah tulang punggung bangsa dan Negara, sebagai generasi yang akan meneruskan kepemimpinan bangsa di masa yang akan datang. Ada ungkapan yang mengatakan: jika mau melihat bagaimana kondisi suatu bangsa 20 tahun ke depan, maka lihatlah bagaimana pemudanya hari ini.

Kalau pemudanya hari ini produktif dan terdidik, maka masa depan suatu bangsa pun juga akan cerah. Jika sebaliknya, siap-siaplah terlibas oleh arus deras dari dari berbagai dimensi.

Pemuda yang excellent adalah mereka yang memiliki the power of personality sebagai penggagas, penggerak, dan pencipta dalam berbagai sendi-sendi kehidupan. Pemuda yang unggul, inovatif, dan berdaya saing dalam menjawab berbagai tantangan dan problematika yang dihadapi. 

Pemuda Indonesia sendiri harus mampu melihat peluang dan tantangan bangsa hari ini. Jika hanya duduk diam melihat keadaan, itu artinya pemuda pesimis.

Maka dari itu, saatnya kita menjadi pemuda optimis dengan menghasilkan karya nyata serta mengambil peran penting dalam pelbagai bidang kehidupan, sehingga perubahan semakin baik dan berdampak dalam kehidupan masyarakat. 

Dalam rangka mewujudkan pemuda yang optimis, semuanya dimulai dari pribadi seseorang sebab perbaikan suatu umat tidak akan terwujud kecuali dengan perbaikan individu yang mumpuni, dengan sumber daya manusia (SDM) yang bersaing.

Hal ini berarti pemuda harus sadar pentingnya pendidikan dalam rangka mewujudkan pemuda-pemudi yang cerdas dan mandiri. Saatnya menciptkan karya yang inovatif untuk sebuah bangsa yang besar.

Begitu penting kedudukan dan peranan pemuda, sampai-sampai Bung Karno berwasiat, "Berikan saya seribu generasi tua maka akan aku cabut gunung Semeru sampai ke akar-akarnya, namun ketika engkau memberikan saya sepuluh generasi muda, maka akan aku goncangkan dunia ini."

Ayo berkarya dan menjadi pemuda excellent. Bersatu kita kuat, bersama kita hebat!

Tags