11 October 2017 21:03 WITA

Kecam Kekerasan Aparat, Jurnalis di Sulsel Gelar Aksi Solidaritas

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kecam Kekerasan Aparat, Jurnalis di Sulsel Gelar Aksi Solidaritas
Aksi solidaritas di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (11/10/2017) malam.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Sulsel menggelar aksi solidaritas terhadap jurnalis Metro TV, Darbe Tyas, yang menjadi korban kekerasan oleh oknum kepolisian dan Satpol PP saat sedang meliput. 

Acara ini digelar di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (11/10/2017) malam. Sejumlah jurnalis baik dari media cetak dan online juga hadir dalam aksi solidaritas ini. 

Para peserta aksi mengecam tindakan aparat yang telah melakukan tindakan represif kepada jurnalis Metro TV saat meliput aksi demo di Purwokerto. 

"Kami sangat menyayangkan atas sikap oknum aparat yang sangat represif terhadap rekan-rekan wartawan," kata ketua IJTI Sulsel, Huzaifah Kadir sesaat lalu. 

Huzaifa menambahkan, bahwa aksi ini juga dilakukan oleh IJTI di seluruh Indonesia. Pembakaran lilin pun dilakukan sebagai simbol dimana wartawan itu terus terang benderang dan menjaga profesi agar tidak terbentur sebuah kekerasan yang kerap terjadi terutama di Sulawesi Selatan. 

"Masih banyak kasus kekerasan yang terjadi. Kami berharap dengan insiden yang ada ini, menjadi pembelajaran teman-teman jurnalis dan bagaimana dengan aparat ketika bertemu dengan jurnalis agar bisa membangun kemitraan yang lebih baik," pungkasnya.