Rabu, 11 Oktober 2017 10:14 WITA

Tim Penyelamatan Fasum Fasos Ungkap Hasil Pengecekan Lapangan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tim Penyelamatan Fasum Fasos Ungkap Hasil Pengecekan Lapangan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tim Penyelamatan Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) Kota Makassar, yang diwakili Kepala Inspektorat Makassar Zainal Ibrahim, mengungkapkan hasil pengecekan langsung di lokasi perumahan, yang diduga belum menyerahkan fasum fasos pada Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

"Pengecekan lapangan atau lokasi perumahan ini, kami lakukan dengan metode uji petik 61 data site plan yang ada," kata Zainal pada Rakyatku.com, Rabu (11/10/2017).

Dari hasil pengecekan itu, lanjut Zainal, ditemukan adanya pengembang yang saat ini sudah tidak diketahui keberadaannya. Terdapat pula pengembang yang sudah tidak melanjutkan proyek pembangunan perumahannya.

Ada lokasi perumahan yang namanya berubah, tidak sesuai site plan. Kemudian perumahan yang saat ini menjadi dua perumahan berbeda. Namun masih menggunakan site plan yang sama. Perumahan Griya Daya Permai, yang kini menjadi Griya Daya Permai dan Daya Residence.

"Kami juga telah melakukan konfirmasi kepada warga, terkait Perumahan Graha Persada Sudiang. Dari konfirmasi itu, diketahui terdapat lahan yang awalnya diperuntukkan sebagai taman. Tapi saat ini malah berubah menjadi area pembangunan dua unit rumah," ungkapnya.

Temuan lainnya, menyangkut adanya ruas jalan perumahan yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Seperti di Perumahan Graha Intiland Regency. Selain itu, terdapat pula perumahan yang berubah menjadi hotel, yaitu Perumahan The Green Residence Jalan Hertasning.

"Ini semua perlu kita selidiki lebih lanjut. Guna menentukan tindakan apa yang harus kita ambil, untuk menyelamat fasum fasos yang harusnya menjadi aset milik Pemkot Makassar," pungkasnya.