Minggu, 08 Oktober 2017 08:26 WITA

Jagung Melimpah Ruah di Cemba Enrekang, Investor Berdatangan

Editor: Fathul Khair Akmal
Jagung Melimpah Ruah di Cemba Enrekang, Investor Berdatangan
Jumadi Maulana, Kades Desa Cemba

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Menjadi kepala desa tidak hanya menjalankan tugas formal mengepalai suatu desa. Tapi juga bagaimana mampu mempromosikan produk unggulan desanya, demi menarik investor untuk menanamkan modalnya di desa tersebut. Seperti halnya yang dilakukan Jumadi Maulana, Kades Desa Cemba, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang.

Komoditi jagung kuning untuk pakan ternak, menjadi unggulan di desanya. Kurang lebih 3 ribu hektar lahan jagung, dengan hasil pertanian melimpah dalam sekali panen, menjadi magnet tersendiri dalam menarik investor masuk ke daerahnya.

"Desa Cemba adalah pengahasil jagung terbesar di Enrekang, jika ada investor yang ingin menanamkan modalnya dalam sektor alat pengeringan dan perolehan bahan baku, saya kepala desa menyambut dengan tangan terbuka," ujar Jumadi, Sabtu (7/10/2017).

Desa Cemba yang juga menjadi pintu gerbang perbatasan Enrekang-Pinrang, dianggap strategis dalam pengangkutan hasil bumi. Jalur desa Cemba juga menjadi perlintasan dengan desa pengahasil jagung lainnya di Enrekang.

"Ini akan menguntungkan investor, dimana mereka akan mendapatkan bahan baku jagung sesuai volume skala besar yang diharapkan. Dan petani juga mendapat harga beli yang standar yang diberikan investor, yang tidak akan mengalami anjlokan harga," tambahnya.

Selain jagung, Desa Cemba juga menjadi incaran investor dalam pengembangan komoditi kelapa sawit. Dalam beberapa bulan terakhir saja, ada investor dari Kalimantan dan Jawa yang siap bekerja sama dengan desa yang dipimpin kades termuda di Enrekang ini.

"Kepala desa seperti ini yang kita harapkan, mampu menghidupkan perekonomian rakyat di desanya. Saya harap semua kepala desa juga berbuat atau menciptakan peluang demi menghasilkan pendapatan bagi pemerintahan desa dan masyarakatnya," ujar Bupati Enrekang Muslimin Bando saat dimintai tanggapannya.