Jumat, 06 Oktober 2017 16:16 WITA

4 Jemaah Haji Embarkasi Makassar Tertinggal di Arab Saudi 

Editor: Fathul Khair Akmal
4 Jemaah Haji Embarkasi Makassar Tertinggal di Arab Saudi 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono mengungkapkan, masih ada empat jemaah haji Embarkasi-Debarkasi Makassar yang berada di Arab Saudi.

Hal tersebut dikarenakan, keempatnya masih dalam keadaan sakit dan belum diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit. Kaswad mengatakan, jemaah tersebut sudah dirawat berhari-hari di rumah sakit. 

"Saat ini masih ada 4 orang jemaah haji asal Embarkasi-Debarkasi Makassar yang tertunda kepulangannya dari Tanah Suci karena alasan sakit," ungkap Kaswad Sartono disela-sela sambutannya saat menerima kedatangan jemaah kloter 35 di Asrama Haji Sudiang, Jumat (6/10/2017).

Kaswad mengatakan, keempat jemaah tersebut ada yang dirawat di Madinah dan Mekkah. Ia pun menjamin, keempat jemaah yang dirawat tersebut akan mendapatkan perawatan yang baik. Proses pemulangannya pun akan menunggu hasil keputusan dokter yang merawatnya. 

Berikut identitas lengkap keempat jemaah Embarkasi Makassar yang masih berada di Arab Saudi. 

1. Bakri Sitti Laecceng, Pria 65 tahun asal kloter 1 Kota Makassar
2. Lacamma Nusu Lattung, Pria 74 tahun asal soppeng  kloter 2 
3. Nursafa Sulaeman Gafur, pria 53 tahun asal Halmahera selatan Maluku Utara kloter 12 serta
4. Baharuddin Borahima Radani, Pria 69 tahun asal Polman Dulbar kloter 27, lanjut Kaswad.

Sebelumnya, kloter 35 yang merupakan kloter terakhir jemaah haji untuk Embarkasi-Debarkasi Makassar telah tiba di tanah air pada hari jumat (6/10/2017). Dengan kedatangan ini, PPIH mencatat ada 15.825 jemaah haji termasuk petugas pendamping yang tiba di Bandara Sultan Hasanuddin. 

Hal tersebut berbeda dengan jumlah saat pemberangkatan dimana jumlah jemaah haji yang berangkat ke Arab Saudi sebanyak 15.867 orang. Perbedaan tersebut dikarenakan sebanyak 39 jemaah haji Embarkasi Makassar meninggal dunia ditambah empat yang masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi.