02 October 2017 17:41 WITA

Pemkot Palopo Matangkan Rencana Pembentukan Desa Wisata

Editor: Fathul Khair Akmal
Pemkot Palopo Matangkan Rencana Pembentukan Desa Wisata
Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo, Burhan Nurdin

RAKYATKU.COM, PALOPO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, tengah mematangkan rencana pembentukan lima desa wisata. Pemkot Palopo, tengah melakukan pengkajian terhadap potensi dari kelima desa tersebut.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo, Burhan Nurdin mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan peninjauan terhadap lima desa yang akan dibentuk. 

"Setelah kami melakukan kajian dan pelengkapan dokumen, akan kita ajukan ke Pemprov kemudian ke pusat. Karena ini baru desa persiapan, maka kita akan buatkan dulu Peraturan Wali Kota (Perwali),” katanya, Senin (2/10/2017).

Selain itu, Burhan Nurdin juga menjelaskan jika pembentukan desa wisata tersebut, tidak akan melanggar Undang-undang (UU). Sebab menurutnya, hal itu telah diatur dalam UU nomor 23 tahun 2014.

"Dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dibolehkan. Jadi pembentukan desa di dalam daerah otonom yang berstatus kota tidak dilarang, dan pembentukan desa wisata ini konsepnya bukan mengubah status kelurahan menjadi desa," jelasnya.

Lima desa wisata persiapan tersebut adalah Desa Tandung Kecamatan Sendana, Siguntu Kecamatan Mungkajang, Lumarrang Kecamatan Wara Barat, Marobo Kecamatan Telluwanua, dan Desa To’jambu Kecamatan Wara Barat.