Senin, 02 Oktober 2017 00:30 WITA

Protes Uji Coba Nuklir, Italia Usir Dubes Korut

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Protes Uji Coba Nuklir, Italia Usir Dubes Korut

RAKYATKU.COM - Pemerintah Italia memerintahkan Duta Besar baru Korea Utara untuk meninggalkan negara tersebut. Keputusan itu diambil sebagai bentuk protes atas program nuklir dan peluru kendali rezim Kim Jong Un.

Menteri Luar Negeri, Angelino Alfano mengumumkan langkah tersebut dalam sebuah wawancara dengan harian Italia La Repubblica, yang diterbitkan Minggu (1/10/2017).

"Kami telah mengambil keputusan tegas untuk mengganggu prosedur akreditasi. Duta besar ( Korut) harus meninggalkan negara ini," kata Alfano seperti dikutip Kompas dari AFP.

"Kami ingin membuat Pyong yang mengerti bahwa isolasi tidak bisa dihindari jika tidak mereka tidak 'berubah arah'," jelasnya.

Alfano lalu menekankan, Italia tidak melepaskan hubungan diplomatik dengan Korut, karena hubungan itu selalu bisa berguna untuk menjaga saluran komunikasi.

loading...

Sebelumnya, pada bulan Juli lalu, Pyongyang mencalonkan seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Mun Jong Nam, sebagai duta besar baru. Awalnya, Nam ditugasi untuk mengisi jabatan yang telah lowong selama setahun terakhir.

Diplomat tersebut dikabarkan telah memulai pekerjaannya di Roma, namun tidak belum  menyelesaikan prosedur administrasi dengan pihak berwenang Italia.

Langkah Italia ini terjadi saat masyarakat internasional berusaha meningkatkan tekanan terhadap rezim Kim Jong Un, untuk melepaskan senjata nuklirnya.

Sebelum ini, sekutu Korut, China setuju untuk membatasi ekspor minyak dan impor tekstil ke negara itu.

Loading...
Loading...