Jumat, 29 September 2017 15:12 WITA

Dibutuhkan 7 Ribu Relawan Asian Games di Jakarta, Berminat?

Editor: Fathul Khair Akmal
Dibutuhkan 7 Ribu Relawan Asian Games di Jakarta, Berminat?
Presiden Jokowi sesaat melepaskan anak panah dalam acara hitung mundur pelaksanaan Asian Games ke-18 di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat (19/8) malam. (Foto: Setkab)

RAKYATKU.COM - Dibutuhkan sedikitnya 7.000 sukarelawan pada Asian Games 2018 mendatang.

"Jadi masyarakat yang mau menjadi relawan dari sekarang harus mendaftar. Nanti ada tes seleksi, yang sudah lulus ada diklatnya sehingga nanti mereka jadi volunteer yang kompeten," ujar Kepala Dinas Olahraga dan Kepemudaan DKI Jakarta Rationo dikutip kompas.com, Jumat (29/9/2017).

Untuk pelaksanaan Asian Games khusus di Jakarta, jumlah volunteer yang dibutuhkan adalah 7.000 orang. Indonesian Asian Games Organizing Committee (INASGOC) sudah membuka pendaftaran volunter melalui situs www.volunteer.asiangames2018.id.

Untuk test event, Rationo mengatakan Jakarta butuh 2.000 orang relawan. Dia mengajak mahasiswa atau masyarakat lain yang berminat untuk mendaftar sebagai volunteer.

"Ini boleh buat mahasiswa seluruh Indonesia, jadi terbuka tidak hanya warga Jakarta saja," ujar Rationo.

loading...

Para mahasiswa yang menjadi volunteer nantinya bisa memandu atlet dari berbagai negara. Misalnya, mereka yang pandai berbahasa Arab bisa membantu atlet yang berasal dari kawasan Timur Tengah.

Menurut Rationo, ajang ini merupakan kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk terlibat di kegiatan tingkat internasional. Meski tidak mendapatkan gaji, para volunter nantinya akan diberi sertifikat.

"Lalu biasanya ada uang transport sama konsumsi ya, idealnya itu, nilainya berapa nanti ditentukan oleh INASGOC. Kemudian ada uniform juga," kata Rationo.

Loading...
Loading...