19 September 2017 23:14 WITA

KNPI Sulsel-Briton English Gelar Pakarena Festival 

Editor: Fathul Khair Akmal
KNPI Sulsel-Briton English Gelar Pakarena Festival 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel bekerja sama dengan Briton English akan menggelar Pakarena Festival se-Kota Makassar dan Gowa. Kegiatan tersebut rencananya akan dihelat tanggal 8 Oktober 2017 mendatang, di Monumen Mandala Makassar.

Penanggung Jawab Pakarena Festival, Asmawati Haris mengemukakan, kegiatan yang juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulsel tersebut rencananya akan diikuti oleh seribu peserta. Menurutnya, KNPI-BRITON ingin mengangkat budaya Sulsel ke dunia internasional. 

"Kita ingin mengangkat budaya Sulsel secara nasional dan internasional karena kita melihat anak-anak yang lupa dengan tari tradisional untuk kembali mengingat. Kita berharap ini menjadi event tahunan," ujarnya, Selasa (19/9/2017). 

Lebih lanjut, Asmawati berharap dengan kegiatan ini generasi muda di Sulsel bisa mengenal dan mencintai budaya lokalnya sendiri terutama tari Pakarena yang merupakan warisan asli nenek moyang masyarakat Sulsel.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Pendidikan KNPI Sulsel, Imran Asgar mengatakan kegiatan seperti ini perlu didukung serta disemarakkan sebagai bentuk filterisasi budaya luar yang semakin mudah diakses belakangan ini.

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk mencegah para generasi muda kita tidak kehilangan jati dirinya," tandasnya.

Sekedar diketahui, KNPI-Briton mengangkat "Pakarena Going Global With Cambridge." sebagai tema acara.