19 September 2017 20:56 WITA

Menara Eiffel Mulai Dipasangi Dinding Kaca Anti Peluru

Editor: Suriawati
Menara Eiffel Mulai Dipasangi Dinding Kaca Anti Peluru

RAKYATKU.COM - Perancis telah memulai proyek untuk membangun dinding kaca anti peluru di sekitar Menara Eiffel, untuk meningkatkan keamanan di landmark yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Perubahan tersebut dilakukan menyusul adanya serangkaian serangan jihad di ibukota Perancis selama dua tahun terakhir, yang menyebabkan lebih dari 200 orang meninggal dunia.

Dilansir dari Dailymail, Kepala Pariwisata Paris, Jean-Francois Martins mengatakan, dinding kaca antipeluru akan dipasang di sekitar taman monumen, dengan biaya senilai sembilan juta euro.

Martins mengatakan bahwa renovasi tersebut tidak akan mengganggu kunjungan wisatawan, dan mereka tetap dapat berjalan ke menara, setelah melewati pemeriksaan keamanan.

Sebenarnya, menara Eiffle telah dijaga oleh polisi. Namun, pada bulan Maret, anggota dewan Paris dengan suara bulat memilih untuk meningkatkan keamanannya karena "ancaman teroris yang sangat tinggi."

Bulan lalu seorang mantan pasien psikiatri berusia 19 tahun melompati penghalang keamanan di menara, sambil memegang pisau dan mengatakan bahwa dia ingin menyerang seorang tentara.

Sejak serangan di kantor majalah Charlie Hebdo pada bulan Januari 2015, sekitar 7.000 tentara ditempatkan di bawah operasi anti-terorisme yang dikenal sebagai Sentinelle. Mereka berpatroli di jalan-jalan dan menjaga titik-titik wisata.