14 September 2017 20:05 WITA

10 Persen PNS Yang Diterima Memiliki IPK Cumlaude

Editor: Adil Patawai Anar
10 Persen PNS Yang Diterima Memiliki IPK Cumlaude

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur memastikan 10 persen dari jumlah pendaftar CPNS yang lulus tahun ini berasal dari peserta yang ber-IPK Cumlaude. 

"Saya syaratkan minimum dari 61 kementerian yang sekitar 17 ribu orang yang kita terima, minimum 10 persennya harus berasal dari anak-anak yang lulusan cumlaude,"ujar Asman saat melakukan visitasi dan verifikasi di UIN Alauddin, Kamis (14/9/2017).

MenPAN & RB ini juga memperinci jika lulusan cumlaude yang dimaksud yaitu merupakan para alumni yang menjadi lulusan terbaik di universitas yang berakreditasi A. 

"Untuk apa? Supaya orang-orang pintar itu jadi PNS. Jadi sesuai dengan bidangnya dan sesuai dengan kemampuannya. Termasuk dokter spesialis. Kita maunya yang benar-benar punya kemampuan tinggi yang mengelola negara ini," imbuhnya. 

Lebih lanjut Asman mengatakan, jika PNS itu merupakan pegawai elitenya negara sehingga dari segi gaji seharusnya PNS bisa lebih tinggi dari pegawai swasta. Untuk itu ia mengungkapkan jika CPNS tahun ini benar-benar menilai kemampuan para pendaftar. 

"Jangan pegawai swasta yang besar. Nanti PNS yang lebih besar karena dia mengelola negara," pungkasnya.