14 September 2017 18:37 WITA

Siswa PAUD di Maros Galang Aksi untuk Rohingya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Siswa PAUD di Maros Galang Aksi untuk Rohingya

RAKYATKU.COM, MAROS - Sebanyak 63 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Quranic Forum (QAF) Maccopa menggelar aksi penggalangan dana untuk kaum Rohingya di Sekolah QAF Maccopa, Kamis (14/9/2017). 

Aksi solidaritas ini dikemas dalam bentuk dongeng kemanusiaan untuk Rohingya, dengan menghadirkan pendongeng ternama Herumawan atau biasa disapa kak Heru. 

"Jadi ini merupakan aksi kemanusiaan untuk Rohingya. Kita ingin mengedukasi adik-adik untuk lebih peduli dengan teman yang ditimpa musibah," kata Heru. 

"Jadi tadi itu dongeng tentang tolong menolong. Saya menceritakan bagaimana sosok ayam putih menolong ayam lainnya yang berkulit hitam. Disini kita lihat ada perbedaan kulit, jadi meski beda mereka tetap saling membantu," lanjutnya.

PAUD Quran QAF ini merupakan sekolah kedelapan yang ikut bekerjasama dalam aksi kemanusiaan untuk Rohingya ini. "Ini sekolah kedelapan dari 15 sekolah yang kita jadwalkan. Setelah ini kita juga jadwal ke Pangkep. Target kita bisa sampai 20 sekolah," ucap Heru

Sementara itu, Kepala Sekolah PAUD QAF Maccopa, Hj Fitriani mengaku pihaknya bekerjasama dengan Yatim Mandiri dan Rumah Dongeng. Dia mengaku ingin mengajarkan rasa empati sejak dini terhadap anak didiknya.

"Kita ingin menumbuhkan rasa empati sejak dini, karena Islam tidak hanya mengajarkan bagaimana hubungan seorang muslim dengan penciptanya, tetapi Islam juga mengajarkan  bagaimana hubungan baik dengan sesama manusia. Terutama dengan sesama muslim," ungkap Fitriani.

Sementara untuk menumbuhkan rasa empati dalam islam, kata dia, dapat diwujudkan dengan tindakan nyata melalui zakat, infak dan sedekah. Selain itu, dari penggalangan dana anak PAUD QAF ini, kata dia, berhasil mengumpulkan sekitar Rp3.033.000.

"Alhamdulillah kita juga senantiasa mengajarkan anak-anak untuk mengeluarkan infaqnya setiap Jumat. Sehingga mereka sudah berlatih untuk menyisihkan uang jajannya," akunya.