Kamis, 14 September 2017 17:25 WITA

Korsel Bakal Siapkan Bantuan Kemanusiaan Rp105 M untuk Korut

Editor: Suriawati
Korsel Bakal Siapkan Bantuan Kemanusiaan Rp105 M untuk Korut
Pasangan yang tinggal di tempat penampungan sementara setelah banjir di Korea Utara (Foto: AFP)

RAKYATKU.COM - Korea Selatan sedang mempertimbangkan untuk menyumbangkan 8 juta dolar AS (sekitar Rp105 miliar) sebagai bantuan kepada Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) melalui organisasi internasional.

Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan, pemerintah akan mengadakan sebuah pertemuan untuk memutuskan apakah akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan di negara 'musuh' atau tidak.

BACA JUGA: Korsel Akan Bentuk Unit Pemenggal Kepala untuk Takuti Kim Jong-un

Jika disetujui, Korea Selatan akan menyediakan 4,5 juta dolar untuk sebuah proyek Program Pangan Dunia, yang membantu bayi dan wanita hamil, dan 3,5 juta dolar lainnya untuk Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF). 

Korsel Bakal Siapkan Bantuan Kemanusiaan Rp105 M untuk KorutIni akan menjadi yang pertama dari jenisnya di bawah pemerintah Presiden Moon Jae-in. Sebelumnya, bantuan Seoul ke Pyongyang dihentikan setelah uji coba nuklir keempat Korea Utara pada Januari tahun lalu. 

"Sikap dasar pemerintah adalah bahwa bantuan kemanusiaan kepada mereka yang rentan di DPRK harus dilanjutkan tanpa mempedulikan pertimbangan politik," kata seorang pejabat kementerian. 

"Seoul berencana untuk memutuskan rincian bantuan dan waktunya setelah mempertimbangkan situasi antar-Korea."