Kamis, 14 September 2017 15:59 WITA

Indeks Demokrasi Sulawesi Barat Urutan 30

Editor: Almaliki
Indeks Demokrasi Sulawesi Barat Urutan 30
Runtono

RAKYATKU.COM, MAMUJU - Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2016 di Provinsi Sulawesi Barat, berada di urutan 30 dari 34 provinsi di Indonesia, dengan angka 72,37 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Sulbar, Suntono menuturkan, provinsi IDI tertinggi yakni DI Yogyakarta mencapai angka 85,58 persen, menyusul Kep. Bangka Belitung 83,00 persen  dan Nusa Tenggara Timur 82,49 persen.

Ia menilai, IDI Sulawesi Barat masih perlu ditingkatkan. Dari poin yang diperoleh Sulawesi Barat, ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan ke depan, yakni pada aspek kebebasan sipil, aspek hak-hak politik, kinerja peran partai politik, dan peran birokrasi pemerintah daerah.

"Perkembangan IDI harus mendapat perhatian serius, karena hal itu mengindikasikan bahwa proses transisi demokrasi sedang mengalami perubahan," tuturnya di Kantor BPS Sulawesi Barat, Kamis (14-9-2017).

Suntono melanjutkan, hal penting yang juga perlu diperbaiki Pemerintah Sulawesi Barat, yakni mengenai indikator upaya penyediaan informasi APBD oleh pemerintah. "Pemerintah harus mengetahui, ini menjadi PR pemerintah Sulawesi Barat," tambahnya.

Ia menilai, pada Provinsi lain seperti DKI Jakarta, Bandung, Bojonegoro dan yang lainnya, mereka sudah menyediakan data publik melalui open data. Disarankan, hendaknya diikuti pula oleh Pemerintah Sulawesi Barat.