14 September 2017 15:29 WITA

Pemerintah Belum Berencana Buka Lowongan CPNS Pemda 

Editor: Fathul Khair Akmal
Pemerintah Belum Berencana Buka Lowongan CPNS Pemda 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - MenPAN RB, Asman Abnur menegaskan belum akan membuka pendaftaran CPNS untuk pemerintah daerah dalam waktu dekat. 

"Jadi gini, yang baru kita buka itu baru untuk 61 kementerian. Tapi untuk pemerintah daerah belum. Jadi jika ada usulan, ya nggak apa-apa. Tapi nanti kita lihat kemampuan keuangan negara," ujar Asman usai menghadiri visitasi dan verifikasi di kampus UIN, Kamis (14/9/2017).

Asman menambahkan, tidak akan ada pengangkatan langsung untuk tenaga honorer K2 menjadi PNS. Ia mengatakan, jika tenaga honorer ingin menjadi PNS, maka ia tetap harus mengikuti tes CPNS yang sekarang sedang dibuka. 

"Sebenarnya K2 itu cuma judul ya, kan pada saat itu sudah ada penyesaiannya. Jadi pada saat ini mereka mau jadi PNS ya ikut tes. Jadi tidak mungkin ada yang bisa membantu," tambah Asman. 

Sementara itu, Kepala Biro Humas KemenPAN RB, Herman mengatakan, untuk penanganan nasib tenaga honorer, menurutnya sudah teratasi. Ia mengatakan, saat ini memang tidak ada pengangkatan langsung tenaga honorer, disebabkan sejak 2014 ada UU ASN yang mengatur itu. 

"Tahun 2009-2014 kami sudah mengangkat langsung tenaga honoref termasuk K2. Ada sekitar 1,1 juta tenaga honorer yang jadi PNS. Sedangkan pada tahun 2014 ada UU ASN yang menyebutkan bahwa tidak ada lagi pengangkatan otomatis tenaga honorer,"ujar Herman.

Ia melanjutkan, saat ini sudah berlaku PP 11 2017, tentang manajemen PNS. Isi PP ini, antara lain menyebutkan, siapapun yang ingin menjadi PNS, harus mengikuti seleksi CPNS yang telah disiapkan oleh Negara. 

"Sekarang ada sekitar 600 ribu tenaga honorer yang belum terangkat jadi PNS. Kalau merujuk pada PP 11 tahun 2017, mereka harus ikut seleksi CPNS jika ingin menjadi PNS," pungkasnya.