14 September 2017 14:55 WITA

China Dukung Tindakan Keras Myanmar Terhadap Rohingya

Editor: Suriawati
China Dukung Tindakan Keras Myanmar Terhadap Rohingya
Rumah terbakar di sebuah desa dekat Maungdaw, di utara negara bagian Rakhine, Myanmar, 12 September 2017 (Foto: Reuters)

RAKYATKU.COM - China telah mendukung serangan militer Myanmar terhadap gerilyawan Muslim Rohingya, meskipun sekretaris jenderal PBB mengatakan operasi tersebut paling baik digambarkan sebagai "pembersihan etnis."

"Sikap China mengenai serangan teroris di Rakhine sudah jelas, ini hanya masalah internal," tulis surat kabar New Light of Myanmar yang dikelola negara, mengutip duta besar China, Hong Liang.

"Serangan balik pasukan keamanan Myanmar melawan teroris ekstremis dan usaha pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat sangat disambut baik."

BACA JUGA: Cegah Kecaman PBB, Myanmar Minta Bantuan China dan Rusia

Pernyataan tersebut mendukung klaim pemerintah bahwa pihaknya hanya melakukan operasi pembersihan yang menargetkan teroris di negara bagian Rakhine.

Tapi tekanan internasional terus berkembang untuk Myanmar. Dewan Keamanan PBB bertemu di balik pintu tertutup pada hari Rabu, atas permintaan Swedia dan Inggris, untuk membahas krisis tersebut.

Dewan tersebut menyatakan keprihatinannya atas laporan tentang kekerasan yang berlebihan selama operasi keamanan dan meminta Myanmar segera mengakhiri kekerasan di Rakhine, mengurangi ketegangan, menegakkan hukum dan ketertiban, memastikan perlindungan warga sipil, dan menyelesaikan masalah pengungsi.

Duta Besar Inggris untuk PBB, Matthew Rycroft mengatakan bahwa ini adalah pernyataan pertama dari Dewan Keamanan untuk Myanmar dalam sembilan tahun.