14 September 2017 13:12 WITA

Sembilan Pompa Pengisap dan Lima Truk Tambang Diamankan di Gowa

Editor: Almaliki
Sembilan Pompa Pengisap dan Lima Truk Tambang Diamankan di Gowa

RAKYATKU.COM, GOWA - Tim Terpadu Penertiban Tambang Liar (Peti) yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Gowa bersama Polres Gowa, Kodim 1409/Gowa, Kejari Sungguminasa dan pihak lain, kembali sukses menjaring alat dan kendaraan yang digunakan para penambang liar.

Kali ini, tim menemukan penambang liar yang beraksi di Kampung Sogaya Desa Julukanayya Kecamatan Pallangga. Dalam aksi penertiban ini, tim berhasil mengamankan sembilan unit pompa pengisap dan lima unit truk yang digunakan mengangkut materi tambang liar.

Berbeda dengan lokasi tambang liar lainnya, di tempat ini penambang sudah menggunakan pompa pengisap. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Gowa, Alimuddin Tiro, Kamis (14-9-2017), menuturkan, aktivitas tambang liar di lokasi ini, sebenarnya sudah diendus tim sejak beberapa waktu lalu.

"Cuma baru kali ini, tim berhasil menemukan adanya aktivitas di lokasi tersebut. Sejak tim terpadu bekerja, pelaku tambang liar memang mengubah pola kerja dengan main kucing-kucingan dengan aparat," jelasnya sesuai rilis yang diterima Rakyatku.com.

"Kami sudah identifikasi pelakunya, yakni Daeng Siama dan Daeng Siriwa," tambah Alimuddin Tiro.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, memastikan penertiban semacam ini akan terus dilakukan hingga tidak ada lagi aktivitas tambang liar di Gowa. "Mereka menambang di tempat-tempat yang tidak seharusnya ada aktivitas tambang. Ini merusak lingkungan. Makanya kita akan terus berupaya untuk menghilangkan aktivitas tambang liar ini," tegasnya.