14 September 2017 08:11 WITA

Kunker di Luwu Timur,  Kajati Sulsel Minta Kades Manfaatkan TP4D

Editor: Almaliki
Kunker di Luwu Timur,  Kajati Sulsel Minta Kades Manfaatkan TP4D
Jan Samuel Maringka (hitam) saat mengunjungi Kabupaten Luwu Timur. Ia diapit oleh pejabat ddaerah Luwu Timur, seperti Bupati Luwu Timur, Thorig Husler (putih)

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Jan Samuel Maringka mengunjungi Kabupaten Luwu Timur dan bertatap muka dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur serta melihat langsung pelayanan yang dilakukan Kejakasaan Negeri Luwu Timur.

Rombongan Kajati Sulsel tiba di bandara Sorowako sekisar pukul 13.15 WITA, Rabu 13 September kemarin, dan disambut Bupati Luwu Timur, M Thorig Husler bersama Kepala Kajari Luwu Timur, Ida Komang Ardhana, Kapolres Luwu Timur, AKBP Parojahan Simanjuntak, Perwira Penghubung, Mayor Inf. Simon Marthes, dan jajaran OPD Pemkab Luwu Timur.

Usai dijamu makan siang di Taman Antar Bangsa (TAB) Sorowako. Kajati Sulsel lalu bertolak menuju Kota Malili, Ibu Kota Kabupaten Luwu Timur. Di Malili, Kajati menyempatkan bertatap muka dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu, termasuk para camat dan kepala desa. 

Bupati Luwu Timur, M Thorig Husler saat menerima Kepala Kajati di kediaman dinasnya, memberikan sedikit gambaran tentang kondisi Luwu Timur. Menurutnya, selain memiliki kekayaan alam yang potensial, Lutim juga dihuni berbagai suku, agama, etnis dan keragaman budaya yang merupakan ciri Indonesia. 

Sementara Kajati Sulsel, Jan S Maringka, mengingatkan, agar seluruh jajaran pemerintah daerah terutama Kepala Desa, memanfaatkan TP4D atau Tim Pengawal Pemerintahan dan Pembangunan Daerah. Menurutnya, TP4D dibentuk untuk memberikan dukungan agar pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai mekanisme dan aturan yang ada.

"Manfaatkan TP4D untuk berkonsultasi dan berkoordinasi agar terhindar dari permasalahan hukum," kata Jan, sesuai rilis yang diterima Rakyatku.com.

Setelah bertatap muka, orang nomor satu di jajaran Kejati Sulsel, lalu meninjau langsung Kantor Kejaksaan Negeri Luwu Timur. Selain melakukan supervisi, IAD juga bersilaturahmi dengan para Kasi, Kasubagbin, para jaksa dan pegawai lainnya. Tidak hanya itu, Kunker Kepala Kajati ini juga untuk mengevaluasi kinerja, termasuk melihat langsung bagaimana sinergitas antara penegak hukum dan pemerintah daerah.

Rangkaian Kunker Kepala Kajati diakhiri dengan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Adiyaksa yang dibangun di lokasi Kantor Kejaksaan Negeri Luwu Timur.