Kamis, 14 September 2017 06:00 WITA

Kisah Seorang Pria Beri Makan Ribuan Burung Setiap Hari

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kisah Seorang Pria Beri Makan Ribuan Burung Setiap Hari

RAKYATKU.COM - Nama Harsukh Bhai Dobariya tiba-tiba menjadi viral di dunia maya lantaran kebiasaannya setiap hari yang begitu terpuji, menyentuh hati dan bikin kagum. Pria tersebut diketahui berasal dari Gujarat, India.

Selama 17 tahun terakhir, Harsukh telah memberi makan sekitar 2,5 ribu hingga 3 ribu ekor burung di ladang seluas 4 hektar miliknya. Ladangnya telah diubah menjadi rumah berbagai jenis burung lengkap dengan suasana yang aman dan nyaman bagi ekosistem burung.

Memelihara dan melestarikan ekosistem burung ini sendiri berawal pada tahun 2000. Saat itu, ia mengalami patah tulang karena kecelakaan. Sehari-hari, ia terpaksa menghabiskan waktunya di tempat tidur. Para tetangga yang menjenguknya sebagian besar membawakannya millet (bahan pangan di India) untuknya. 

Karena millet yang dibawa tetangga cukup banyak, Harsukh kemudian menggantungkan millet tersebut di balkon rumahnya. Ini dilakukannya agar millet bisa bertahan lama. Tak disangka, keesokan harinya ada dua ekor burung beo mendatangi milletnya dan memakannya. Esok harinya lagi, datang lebih banyak burung beo. Tak hanya burung beo, beberapa burung lain seperti burung gereja dan pipit juga ikut memakan millet di balkon rumahnya. 

Melihat burung-burung berdatangan untuk makan millet, Harsukh kemudian menumbuk millet dan menyiapkan lebih banyak lagi agar burung-burung itu makan dengan nyaman. Sayang, saking banyaknya burung yang datang ke rumahnya, tetangga Harsukh merasa terganggu dengan suara berisik burung. 

Kisah Seorang Pria Beri Makan Ribuan Burung Setiap Hari

Tak ingin tetangganya terlalu terganggu, Harsukh dan keluarganya kemudian memutuskan untuk pindah rumah dekat ladangnya yang seluas 4 hektar. Di sinilah, Harsukh kemudian membangun hunian nyaman buat burung-burung tersebut. 

"Di rumah lamaku, tetangga akan merasa terganggu dengan kicau burung. Mereka menganggapnya sangat berisik. Tapi bagiku, burung-burung itu adalah hiburan yang menyenangkan," kata Harsukh dilansir laman Vemale.

Selain menjamin burung-burung yang datang ke ladangnya aman, Harsukh serta keluarganya juga membuatkan sarang buat burung. Di musim penghujan, rumah keluarga ini selalu terbuka untuk berbagai jenis burung yang mencari tempat berteduh.

Harsukh dan istri juga aktif memberi pelatihan bagi petani-petani di desanya agar hasil panen mereka tetap bagus meski ada banyak burung yang kadang datang ke lahan mereka. 

"Aku percaya burung-burung itu membawa keberkahan. Apa yang aku lakukan untuk burung-burung ini semata-mata karena aku bersyukur telah hidup berkecukupan. Mereka membuatku jadi lebih hidup, lebih peduli terhadap sesama dan lebih sabar," tambah Harsukh. 

Tags