13 September 2017 23:15 WITA

Komersialisasi Gedung PWI, Ini Penjelasan Pemprov Sulsel

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Komersialisasi Gedung PWI, Ini Penjelasan Pemprov Sulsel
Sekertaris Daerah Pemerintah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Latief.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel, Zulkifli Gani Otto (Zugito) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengelolaan barang milik daerah oleh Penyidik Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel. 

Menanggapi hal tersebut, Sekertaris Daerah Pemerintah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Latief mengatakan, gedung PWI yang dipakai saat ini adalah resmi aset Pemprov Sulsel, yang dipinjam pakaikan kepada PWI.

"Terkait dengan permasalahan gedung PWI dikomersilkan memang kemarin ada temuan BPK, tapi informasi lebih lanjut belum saya dengar sampai pada ditetapkannya tersangka kemarin," kata Abdul Latief. 

Ia menjelaskan, gedung PWI yang hanya bersifat pinjam pakai tersebut, saat  dikomersilkan tidak dilaporkan kepada Pemprov terlebih dahulu dan seharusnya hasilnya diserahkan kepada Pemprov Sulsel sebagai pemilik aset.

Senada, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Aset Setda Sulsel, Nurlina mengungkapkan, gedung PWI tersebut memang resmi adalah aset Pemprov Sulsel. 

"Dimana statusnya pinjam pakai, tapi PWI memakai Permendagri lama. Pemerintah telah keluarkan Permendagri nomor 19 tahun 2016, yang mana aset pemerintah statusnya sekarang cuma bisa di pinjam pakaian," ungkap Nurlina.

Dalam Permendagri 19, pinjam pakai aset sangat dibatasi. Saat dikeluarkan Permendagri tersebut, Pemprov sudah menghentikan pinjam pakai ke PWI.