13 September 2017 20:19 WITA

Soal PLTB Sidrap, Guru Besar Unhas Puji RMS

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Soal PLTB Sidrap, Guru Besar Unhas Puji RMS
Prof. Tahur Kasnawi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Proses pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap oleh PT UPC yang sudah hampir rampung, mendapat pujian dari berbagai pihak, termasuk guru besar Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Tahir Kasnawi.

Tahur Kasnawi mengatakan, Kabupaten Sidrap termasuk kabupaten yang hebat. Betapa tidak, setiap daerah punya angin yang selalu bertiup siang dan malam. 

"Tapi hanya pemerintah daerah di Sidrap yang kreatif memanfaatkannya untuk kepentingan rakyat," kata Prof Tahir, Rabu (13/9/2017). 

Ya meski itu melalui investor, lanjut Prof Tahir, tapi yang namanya investor tidak akan masuk menanamkan investasinya tanpa diundang, tanpa dibantu, tanpa diarahkan dan dijamin oleh Pemkab setempat.

"Teman saya guru besar Elektro di Unhas bilang pembangkit listrik tenaga bayu di Sidrap ini adalah yang terbesar di dunia yang letaknya dalam satu unit lokasi. Ini prestasi pemerintah daerah yg membanggakan kita semua. Salam sukses selalu untuk Pak Bupati ," beber Tahir Kasnawi dalam rilis yang diterima Rakyatku.com.

Sekadar diketahui, PLTB Sidrap dalam progres pembangunan. Kelak jika ini selesai akan menghasilkan 75 megawatt untuk memenuhi kebutuhan daya listrik di Sulsel dan Sulawesi.

Inilah peradaban baru yang lahir di Sidrap di bawah kepemimpinan H Rusdi Masse (RMS) di Sidrap sebagai bupati. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah melakukan kunjungan ke lokasi PLTB didampingi Bupati Sidrap H Rusdi Masse dan diperkirakan pada Desember 2017 PLTB sudah selesai dan siap beroperasi.