13 September 2017 14:39 WITA

Suu Kyi Bakal Absen Dalam Majelis Umum PBB di NY

Editor: Suriawati
Suu Kyi Bakal Absen Dalam Majelis Umum PBB di NY
Aung San Suu Kyi

RAKYATKU.COM - Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi akan absen di Majelis Umum PBB di New York, yang akan digelar tanggal 19 sampai 25 September.

Seorang juru bicara pemerintah untuk Suu Kyi, Zaw Htay, mengatakan "dewan negara tidak akan hadir di Majelis Umum." Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

BACA JUGA: PM Bangladesh Desak Myanmar Ambil Kembali Pengungsi Rohingya

Juru bicara lain, Aung Shin, mengatakan kepada Reuters bahwa mungkin Suu Kyi memiliki masalah yang lebih mendesak untuk ditangani. Ia menambahkan bahwa "dia tidak pernah takut menghadapi kritik atau menghadapi masalah."

Padahal, tahun lalu, Suu Kyi menghadiri forum ini, di mana ia berbicara tentang usaha pemerintahnya untuk menyelesaikan krisis atas perlakuan terhadap Rohingya.

Kabar absennya Suu Kyi dalam Majelis Umum PBB, muncul ketika ia menghadapi kecaman internasional karena gagal untuk berbicara mengenai kekerasan di negara bagian Rakhine, yang menyebabkan sekitar 370.000 Muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh.

Utusan Myanmar untuk PBB telah menyalahkan gerilyawan Rohingya atas tersebut dan mengatakan bahwa Myanmar tidak akan pernah mentolerir kekejaman seperti itu.

Militer Myanmar juga mengatakan bahwa pihaknya memerangi militan Rohingya dan membantah laporan bahwa pihaknya menargetkan warga sipil.

Namun banyak dari pengungsi yang melarikan diri mengatakan tentara melakukan kekerasan dan pembakaran desa, yang bertujuan untuk mengusir mereka.

Dewan Keamanan PBB dijadwalkan akan bertemu pada hari Rabu untuk membahas krisis Rohingya.

Tags
myanmar