Rabu, 13 September 2017 06:00 WITA

Cuaca Madinah Panas, Jemaah Diimbau Batasi Aktivitas

Editor: Fathul Khair Akmal
Cuaca Madinah Panas, Jemaah Diimbau Batasi Aktivitas

RAKYATKU.COM - Jemaah haji Indonesia gelombang kedua, mulai diberangkatkan dari Mekkah menuju Madinah. Sebanyak 16 kloter diberangkatkan sejak, Selasa (12/9/2017) kemarin. Mereka akan menjalani Arbain (shalat 40 waktu) di Masjid Nabawi.

Meski jarak antara hotel dan Masjid Nabawi tidak terlalu jauh, namun cuaca di Madinah diperkirakan lebih panas dibanding dengan Mekkah. Untuk itu, jemaah diimbau untuk tidak memaksakan diri dalam beraktivitas.

“Jemaah agar memahami kondisi dirinya, dan tidak memaksakan diri. Sebagai jemaah gelombang kedua, tenaga mereka sudah banyak keluar saat menjalani puncak haji,” terang dokter penghubung Daker Mekkah, Ramon Andrias dikutip dari kemenag.go.id, Rabu (13/9/2017).

“Sekarang suhu udara mencapai 43 - 45 derajat. Namun, riil feel-nya bisa sampai 50 derajat. Kalau tidak perlu banget jangan keluar,” lanjutnya.

Selain membatasi aktivitas, jemaah juga diimbau memperbanyak minum tanpa menunggu haus serta makan teratur. 

Sebelumnya, imbauan yang sama disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali saat menerima kedatangan kloter 44 Embarkasi Surabaya (SUB 44) di Madinah. 
“Bapak, Ibu, ada waktu 8-9 hari untuk beribadah arbain di sini. Tapi tolong jangan memaksakan diri,” kata Nizar.